Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kelayakan Pengembangan
Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Free Inquiry Laboratory Untuk
Mengakomodasi Keterampilan Proses Sains Siswa sebagai bahan ajar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian Research and Depelopment (R&D). prosedur
penelitian ini menggunakan pengembangan model Four-D, Adapun langkahlangkah penelitian meliputi 1) Define, 2) Design, 3) Development. Inti dari
penelitian pengembangan adalah adanya validasi dan revisi terhadap perangkat
pembelajaran yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket kebutuhan peserta didik, angket respon pendidik dan peserta didik,
angket proses sains, angket uji validasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini hanya
menggunakan skala kecil, yang berjumlah 30 orang dari kelas XI MIPA MAN 1
Kerinci. Pengembangan modul pada tahap validasi ahli materi, diperoleh hasil
persentase 86,66% dengan kategori sangat layak dan pada ahli media memperoleh
presentase 91,99% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik terhadap
pengembangan modul biologi berbasis Free inquiry laboratory pada materi sistem
peredaran darah yaitu, pada uji coba skla terbatas presentase yang di peroleh
85,11% dengan kategori sangat menarik, kemudian pada respon pendidik
presentase yang di peroleh 96,87% dengan kategori Sangat Menarik. Dengan ini
dinyatakan pengembangan modul sangat menarik dan layak digunakan sebagai
bahan ajar
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.