Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keoptimalan, dan sistem - sistem serta menjelaskan tentang kendala dan solusi dari penggunaan pembelajaran kooperatif, Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 3 Kerinci pada tahun ajaran 2022, yang mana berfokus pada Informant kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan sumber data dari, data primar, data sekunder dan dari informant di MtsN 3 Kerinci. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan uji keabsahan data meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmality. Analisa yang digunakan yaitu secara reduksi data, data display dan verification. Hasil penelitian ialah: (1) pembelajaran kooperatif bisa membuat siswa belajar menjadi lebih optimal dan membuat siswa menjadi lebih bersemangat untuk belajar. (2) sistem atau teknik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di MTsN 3 Kerinci yaitu Make a match dan Number head together. (3) adapun kendala adalah sulitnya siswa memahami langkah-langkah penerapan kooperatif learning dan siswa masih terpengaruh dengan bermain hp/internet dan adapun solusi yang diberikan informan, hendaknya guru benar-benar menguasai model-model pembelajaran dan pemerintah ikut handil dalam mengatasi masalah pendidikan dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
skripsi chalida.pdf12.26 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.