Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar aktivitas siswa berbasis
penemuan terbimbing yang valid dan praktis sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta
didik kelas VII pada materi Segitiga. Penelitian ini mengadopsi tujuh dari sepuluh langkah
pengembangan berdasarkan model Borg and Gall, yaitu penelitian dan pengembangan data
(research and information collecting), perencanaan (planning), pengembangan draf produk
(develop preliminary form of product), uji coba lapangan awal (preliminary field testing), revisi
hasil uji coba (main product revision), uji coba lapangan kecil (main field testing) dan
penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision). Langkah pengembangan
ini melibatkan peserta didik kelas VII MTsN 1 Model Kota Sungai Penuh. Validitas produk dinilai
berdasarkan hasil validasi oleh pakar sedangkan praktikalitas produk dilihat dari hasil analisis
angket respon guru dan angket respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk lembar
aktivitas siswa yang memenuhi kriteria valid dan praktis dalam upaya meningkatkan keaktifan
belajar peserta didik dengan indeks kevalidan 0,730 dan nilai praktikalitas 3,155 atau 78,88%
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.