Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika menggunakan Aplikasi Flipbook Maker

Submitted by admin on Thu, 05/04/2023 - 20:03
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran matematika menggunakan aplikasi flipbook maker pada materi lingkaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata skor secara berurutan yaitu 83% dan 90% yang dikategori “Sangat Valid”. Hasil respon guru matematika dan siswa secara berurutan mendapatkan rata-rata skor 97% dan 89% yang dikategori “Sangat Praktis”. Kualitas uji efektifitas menggunakan N-gain menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa 80% yang dikategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran matematika valid (layak), praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran, dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis