EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Submitted by admin on Thu, 05/04/2023 - 19:46
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pembelajaran POGIL efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) model pembelajaran konvensional efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) perbedaan antara model pembelajaran POGIL dengan model konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTS Negeri 02 Kerinci. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan data dianalisis menggunakan statistik uji one sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran POGIL efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) model pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) terdapat perbedaan antara model pembelajaran POGIL dengan model konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi