Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia Melalui Penggunaan Animasi Sederhana Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SAVI Pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 3 Sungai Penuh

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 10:40
Deskripsi/Abstract

Hasil belajar yang dicapai siswa pada tahun-tahun sebelumnya selalu dibawahKriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapaidapat  disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar kimia masih rendah danproses pembelajaran atau  sarana belajar yang kurang memadai.  Salah satuupaya  untuk meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar  yaitu  denganmenggunakan Animasi Sederhana.  Dengan  menggunakan  modelpembelajaran  kooperatif  tipe  SAVI (adalah  kependekan  dari:  Somatic  yangbermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas  fisik)  di  mana belajar  denganmengalami dan melakukan;  Auditory yang bermakna bahwa belajar  haruslahdengan melalui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi,mengemukakan  pendapat,  dan  menanggapi;  Visualization  yang  bermaknabelajar  haruslah menggunakan indra mata melalui  mengamati,  menggambar,mendemonstrasikan,  membaca,  menggunakan  media  dan  alat  peraga;  danIntellectualy  yang  bermakna  bahwa  belajar  haruslah  menggunakankemampuan berpikir  (minds-on)  belajar  haruslah dengan konsentrasi  pikirandan berlatih menggunakannya melalui  bernalar,  menyelidiki,  mengidentifikasi,menemukan,  mencipta,  mengkonstruksi,  dan memecahkan masalah.Hal  ini  bertujuan untuk meningkatkan motivasi  dan aktivitas siswa sehingga memudahkan  siswa  memahami  konsep-konsep  Kimia.  Penelitian  ini dilaksanakan dalam dua siklus,  masing-masing siklus dilakukan 2 (dua)  kali pertemuan. Pada siklus I menunjukan peningkatan prosentase aktivitas siswa, pada pertemuan pertama 30 % dan pertemuan kedua 65 %.  Sedangkan di siklus II pertemuan pertama 70 % dan pertemuan kedua 85 %. Hasil belajarpun mengalami peningkatan di siklus I ketuntasan belajar 70 %, sedangkan disiklus II ketuntasan belajar 83 %, disamping itu tanggapan siswa juga positif terhadap model pembelajaran kooperatif  tipe SAVI ini terlihat dari angket yang dijawab siswa yang merasa senang dengan model pembelajaran ini.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777

Koleksi
Subject
Cover
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis