Deskripsi/Abstract
Dengan rendahnya hasil blajar siswa pada mata pelajaran IPA (biologi) di
SMPN 8 Sungai Penuh disebabkan karena media pembelajaran yang hanya
menggunakan media papan tulis saja, di Era sekarang ini sebenarnya semua bisa
dijadikan media dalam belajar dan pada Era 4.0 ini ialah Era yang semuanya
bersumber pada teknologi begitupun dalam proses belajar harus lebih canggih dalam
penggunaan teknologi seperti media pembelajaran online seperti Edmodo salah
satunya, pembelajaran dengan Edmodo akan membuat siswa menjadi aktif,
menyenangkan dan gaya dalam pembelajaran dapat mengikuti perkembanagan
zaman.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1). Untuk mengetahui respon siswa dalam
penggunaan media aplikasi Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8
Sungai Penuh. (2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penggunaan media
aplikasi Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8 Sungai Penuh. (3).
Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunkan media aplikasi
Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8 Sungai Penuh. (4). Untuk
mengetahui pebandingan antara hasil belajara siswa yang menggunakan media
aplikasi Edmodo dalam pembelajaran dengan yang tidak menggunakan media
aplikasi Edmodo. (5).Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan
menggunakan media aplikasi Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN
8 Sungai Penuh. Hipotesis dalam penelitian ini dalah terdapat pengaruh penggunaan
media aplikasi edmodo terhadap respond an hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
IPA (biologi) di SMP Negeri 8 sungai penuh.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini ialah kelas VIII SMP Negeri 8 Sungai Penuh, dan sampel
penelitian ialah kelas VIII E dan VIII F.
Hasil pada penelitian ini ialah 77% yang dominan respon siswa dengan
interval baik bearti siswa memberikan tanggapan aatau respon yang baik dalam
penggunaan media aplikasi Edmodo, kemudian hasil belajar post test siswa pada
kelas eksperimen lebih banyak siswa yang tuntas dalam mencapai KKM dari pada
kelas kontrol, dengan perbandingan nya ialah kelas eksperimen 4 siswa yang kuarang
dari KKM, sedangkan kelas kontrol 10 siswa yang tidak mencapai KKM, dan dari
hasil analisis yang dilakukan terhadap hasil tes akhir diperoleh = 3,068 dan
= 1,67 dengan demikian . Maka dapat disimpilkan H0 ditolak,
dan sebaliknya H1 diterima.
Koleksi
Subject
Files
skripsi rani file pdf_1.pdf10.05 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.