PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI EDMODO TERHADAP RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA (biologi) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 8 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 01/31/2024 - 09:23
Deskripsi/Abstract

Dengan rendahnya hasil blajar siswa pada mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8 Sungai Penuh disebabkan karena media pembelajaran yang hanya menggunakan media papan tulis saja, di Era sekarang ini sebenarnya semua bisa dijadikan media dalam belajar dan pada Era 4.0 ini ialah Era yang semuanya bersumber pada teknologi begitupun dalam proses belajar harus lebih canggih dalam penggunaan teknologi seperti media pembelajaran online seperti Edmodo salah satunya, pembelajaran dengan Edmodo akan membuat siswa menjadi aktif, menyenangkan dan gaya dalam pembelajaran dapat mengikuti perkembanagan zaman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1). Untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan media aplikasi Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8 Sungai Penuh. (2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penggunaan media aplikasi Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8 Sungai Penuh. (3). Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunkan media aplikasi Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8 Sungai Penuh. (4). Untuk mengetahui pebandingan antara hasil belajara siswa yang menggunakan media aplikasi Edmodo dalam pembelajaran dengan yang tidak menggunakan media aplikasi Edmodo. (5).Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media aplikasi Edmodo dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMPN 8 Sungai Penuh. Hipotesis dalam penelitian ini dalah terdapat pengaruh penggunaan media aplikasi edmodo terhadap respond an hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA (biologi) di SMP Negeri 8 sungai penuh. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah kelas VIII SMP Negeri 8 Sungai Penuh, dan sampel penelitian ialah kelas VIII E dan VIII F. Hasil pada penelitian ini ialah 77% yang dominan respon siswa dengan interval baik bearti siswa memberikan tanggapan aatau respon yang baik dalam penggunaan media aplikasi Edmodo, kemudian hasil belajar post test siswa pada kelas eksperimen lebih banyak siswa yang tuntas dalam mencapai KKM dari pada kelas kontrol, dengan perbandingan nya ialah kelas eksperimen 4 siswa yang kuarang dari KKM, sedangkan kelas kontrol 10 siswa yang tidak mencapai KKM, dan dari hasil analisis yang dilakukan terhadap hasil tes akhir diperoleh = 3,068 dan = 1,67 dengan demikian . Maka dapat disimpilkan H0 ditolak, dan sebaliknya H1 diterima.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://pa-barru.go.id/kasus/ https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis