Skripsi: Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kerinci Tahun 2022. latar belakang masalah penelitian berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa pasca pembelajaran daring, didapatkan bahwa Hasil belajar siswa banyak tidak mencapai KKM pasca pembelajaran daring. Siswa terpengaruh main game dari pada belajar materi biologi. Penelitian ini bercorak penelitian lapangan (file research), dengan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research). Sedangkan sumber data primer penulis kumpulkan langsung dari guru biologi/IPA dan siswa di SMPN 34 Kerinci. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan uji keabsahan data meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmality. Analisa yang digunakan secara reduksi data, data display dan Verivication.Hasil penelitian ialah: (1) Proses belajar pasca daring berjalan dengan baik tapi siswa SMPN 34 Kerinci kelas VIII kurang aktif merespon materi yang dijelaskan guru. (2) Pembelajaran IPA /Biologi pasca daring cukup efektif karena banyak siswa begitu senang bertemu dengan teman-temannya di sekolah dan belajar tatap muka di kelas. (3) ada beberapa kendala guru mengajar IPA pasca daring yaitu, kendala wabah covid 19, kendala lingkungan, kendala pergaulan bebas, kendala kurangnya kontrol dan mtotivasi orang tua, kendala perekonomian siswa dan kendala penyalahgunaan teknologi. Solusi yang bisa diambil guru adalah: pembelajaran lancar tanpa ada covid 19, siswa terjaga pergaulan dan lingkungannya, orang tua ikut mengontrol dan memotivasi anaknya, tidak terpengaruh negatif teknologi.