Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran matematika daring selama pandemi Covid-19 di SMPN 4 Kerinci. (2) Untuk mengetahui faktor yang mempeengaruhi munculnya kesulitan dalam menerapkan pembelajaran daring matematika di SMPN 4 Kerinci. (3) Untuk mengetahui cara yang digunakan untuk meminimalisir kesulitan yang dialami. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam melaksanakan pembelajaran daring tersebut guru matematika mengalami beberapa kesulitan, diantaranya ada sebagian siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone android, keterbatasan sinyal, dan ada orang tua peserta didik yang kesulitan dalam membimbing anaknya.(2) faktor yang menimbulkan kesulitan pada pembelajaran daring adalah minimnya bimbingan orang tua, banyak guru yang tidak bisa menggunakan media pembelajaran, dan ada ekonomi orang tua yang menengah ke bawah sehingga siswa sulit mengikuti pembelajaran daring. (3) solusi dalam mengatasi kesulitan pembelajaran matematika secara daring yaitu kepada siswa yang tidak terjangkau jaringan internet agar mencari tempat yang terjangkau internet, memasukkan kontak whatsapp didalam grup pembelajaran dan menyampaikan materi ajar satu hari sebelum jadwal pembelajaran.