ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Submitted by admin on Fri, 01/26/2024 - 12:33
Deskripsi/Abstract
1. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pada materi aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman adalah: a. Membaca Masalah (Reading) Terdapat 17 orang atau 73,91% siswa mampu membaca masalah dengan mengerti istilah, kata-kata, kalimat dan simbol sulit dalam masalah melalui ketepatan mengartikan ke dalam bahasa. b. Memahami Masalah (Comprehension) Terdapat 17 orang atau 73,91% siswa dapat menentukan apa yang diketahui dan menyebutkan apa yang diminta dengan tepat serta menggunakan bahasanya sendiri. c. Transformasi Masalah (Transformation) Terdapat 17 orang atau 73,91% siswa memiliki rencana pemecahan masalah yang relevan untuk memecahkan masalah secara tepat. d. Ketrampilan Proses/ Prosedur (Process Skill) Terdapat 4 orang atau 17,39% siswa dapat memecahkan masalah sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang telah direncanakan pada tahapan transformasi secara tepat. e. Penulisan Jawaban (Encoding) Terdapat 4 orang atau 17,39% siswa dapat melakukan pengecekan dan memberikan kesimpulan terhadap hasil pemecahan masalah. 2. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika Sosial berdasarkan prosedur Newman adalah a. Kesalahan membaca (reading error) b. Kesalahan memahami (comprehension error) c. Kesalahan transformasi (transformation error) d. Kesalahan keterampilan proses (process skills error) e. Kesalahan penulisan jawaban (encoding error) 3. Penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika Sosial berdasarkan prosedur Newman. a. Siswa tergesa-gesa dan kurang teliti dalam perhitungan b. Siswa tidak menyukai matematika c. Siswa malas belajar matematika d. Suasana kelas tidak kondusif e. Teman pergaulan yang tidak mendukung.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi