Deskripsi/Abstract
ABSTRAK
Aulia, Nurul. 2023. Analisis disposisi matematis siswa madrasah aliyah
ditinjau dari pilihan jurusan. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. (I) Dr. Nur Rusliah, M.Si,
(II) Ria Deswita M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang perbedaan disposisi matematis siswa
ditinjau dari pilihan jurusan (Jurusan IPA dan Jurusan IPS). Terdapat faktor
penyebab rendahnya disposisi matematis siswa yaitu siswa yang memiliki sikap
kurangnya antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika, kurangnya minat,
rasa ingin tahu serta rasa percaya diri saat pembelajaran matematika. Hal itu ada
pada diri setiap siswa, tentunya setiap orang memiliki sikap berbeda-beda pada saat
pembelajaran matematika. Pada penelitian ini membahas secara lebih terperinci
tentang perbedaan disposisi matematis siswa ditinjau dari pilihan jurusan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran keadaan disposisi
matematis setiap siswa ditinjau dari pilihan jurusan, dan mengetahui perbedaan
disposisi matematis siswa ditinjau dari pilihan jurusan di Madrasah Aliyah. Agar
dijadikan informasi bagi guru dan calon guru tentang disposisi matematis ditinjau
pilihan jurusan, sehingga dapat mencari solusi yang tepat untuk meningkatkan
kualitas sebagai pendidik yang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian Mixed-method dengan jenis sequential
exploratory design. Peneliti mengkaji hasil penelitian dengan cara menggabungkan
dan menginterprestasi hasil penelitian kualitatif yang berupa hasil wawancara
dengan hasil penelitian kuantitatif berupa hasil pengisian angket berskala likert
dengan menggunakan teknik analisis data melalui aplikasi SPSS untuk menguji
perbedaan hasil angket.
Hasil Uji t’ (uji t not Homogen) dengan hasil signifikan lebih kecil dari
0.05, yang telah dilakukan. Maka Hipotesis diterima dengan pernyataan bahwa
terdapat perbedaan disposisi matematis siswa madrasah aliyah ditinjau dari pilihan
Jurusan. Perbedaan itu bisa dilihat dari hasil wawancara peneliti kepada subjek
ataupun hasil pengisian angket terhadap indikator disposisi matematis yang dimiliki
oleh setiap siswa ditinjau dari pilihan jurusan antara lain sikap kepercayaan diri,
kegigihan dan ketekunan, fleksibel dan berpikir terbuka, minat dan rasa ingin tahu,
memonitor dan mengevaluasi, Menilai aplikasi matematika serta mengapresiasi
pembelajaran matematika.
Kata Kunci : Disposisi matematis, pilihan jurusan (IPA dan IPS).
Koleksi
Subject
Files
Keaslian skripsi.pdf871 KB
Nurul Aulia word.pdf2.43 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.