ANALISIS DISPOSISI MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH DITINJAU DARI PILIHAN JURUSAN

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 09:29
Deskripsi/Abstract
ABSTRAK Aulia, Nurul. 2023. Analisis disposisi matematis siswa madrasah aliyah ditinjau dari pilihan jurusan. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. (I) Dr. Nur Rusliah, M.Si, (II) Ria Deswita M.Pd. Penelitian ini membahas tentang perbedaan disposisi matematis siswa ditinjau dari pilihan jurusan (Jurusan IPA dan Jurusan IPS). Terdapat faktor penyebab rendahnya disposisi matematis siswa yaitu siswa yang memiliki sikap kurangnya antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika, kurangnya minat, rasa ingin tahu serta rasa percaya diri saat pembelajaran matematika. Hal itu ada pada diri setiap siswa, tentunya setiap orang memiliki sikap berbeda-beda pada saat pembelajaran matematika. Pada penelitian ini membahas secara lebih terperinci tentang perbedaan disposisi matematis siswa ditinjau dari pilihan jurusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran keadaan disposisi matematis setiap siswa ditinjau dari pilihan jurusan, dan mengetahui perbedaan disposisi matematis siswa ditinjau dari pilihan jurusan di Madrasah Aliyah. Agar dijadikan informasi bagi guru dan calon guru tentang disposisi matematis ditinjau pilihan jurusan, sehingga dapat mencari solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas sebagai pendidik yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed-method dengan jenis sequential exploratory design. Peneliti mengkaji hasil penelitian dengan cara menggabungkan dan menginterprestasi hasil penelitian kualitatif yang berupa hasil wawancara dengan hasil penelitian kuantitatif berupa hasil pengisian angket berskala likert dengan menggunakan teknik analisis data melalui aplikasi SPSS untuk menguji perbedaan hasil angket. Hasil Uji t’ (uji t not Homogen) dengan hasil signifikan lebih kecil dari 0.05, yang telah dilakukan. Maka Hipotesis diterima dengan pernyataan bahwa terdapat perbedaan disposisi matematis siswa madrasah aliyah ditinjau dari pilihan Jurusan. Perbedaan itu bisa dilihat dari hasil wawancara peneliti kepada subjek ataupun hasil pengisian angket terhadap indikator disposisi matematis yang dimiliki oleh setiap siswa ditinjau dari pilihan jurusan antara lain sikap kepercayaan diri, kegigihan dan ketekunan, fleksibel dan berpikir terbuka, minat dan rasa ingin tahu, memonitor dan mengevaluasi, Menilai aplikasi matematika serta mengapresiasi pembelajaran matematika. Kata Kunci : Disposisi matematis, pilihan jurusan (IPA dan IPS).
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis