Deskripsi/Abstract
Penilaian portofolio merupakan salah satu jenis penilaian K13.Penelitian
ini berfokus pada penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran
matematika di SMP N 1 Sungai Penuh dan SMP N 4 Sungai Penuh. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian
portofolio dan apa saja kendala yang dihadapi selama penerapan penilaian
portofolio tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif.Subjek penelitian adalah guru matematika SMP N 1 Sungai Penuh
dan SMP N 4 Sungai Penuh. Sampel dalam penelitian ini dilakukan pada guru
yang dianggap tahu terhadap situasi yang akan diteliti. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu narasumber atau informan dan arsip atau dokumen.Teknik
pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian, pengetahuan guru mengenai
penilaian portofolio sudah baik, guru sudah mengaplikasikan penilaian K13
tentang portofolio pada siswa.Berdasarkan hasil observasi di SMP N 1 Sungai
Penuh pelaksanaan penilaian portofolio sudah berjalan dengan lancar dan baik
karena di SMP N1 Sungai Penuh sudah lama menerapkan penilaian porotofolio
pada siswa.Kendala yang dihadapi guru dan siswa juga tidak menjadi prioritas
karena kendalanya kurang dari 30%.Sedangkan di SMP N 4 Sungai Penuh
penelitian portofolio masih relative baru diterapkan di SMP N 4 Sungai Penuh,
penerapannya dilakukan pada saat siswa belajar dalam jaringan (daring) jarak
jauh di rumah.kendala yang dihadapinya pun masih menjadi priritas karena
hampir semua siswa belum memahami tujuan dari penilaian portofolio yang
diharapkan guru.
Kata Kunci :Penilaian Portofolio
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI LENGKAP FELYA.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.