Penilaian portofolio merupakan salah satu jenis penilaian K13.Penelitian ini berfokus pada penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran matematika di SMP N 1 Sungai Penuh dan SMP N 4 Sungai Penuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian portofolio dan apa saja kendala yang dihadapi selama penerapan penilaian portofolio tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian adalah guru matematika SMP N 1 Sungai Penuh dan SMP N 4 Sungai Penuh. Sampel dalam penelitian ini dilakukan pada guru yang dianggap tahu terhadap situasi yang akan diteliti. Sumber data dalam penelitian ini yaitu narasumber atau informan dan arsip atau dokumen.Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, pengetahuan guru mengenai penilaian portofolio sudah baik, guru sudah mengaplikasikan penilaian K13 tentang portofolio pada siswa.Berdasarkan hasil observasi di SMP N 1 Sungai Penuh pelaksanaan penilaian portofolio sudah berjalan dengan lancar dan baik karena di SMP N1 Sungai Penuh sudah lama menerapkan penilaian porotofolio pada siswa.Kendala yang dihadapi guru dan siswa juga tidak menjadi prioritas karena kendalanya kurang dari 30%.Sedangkan di SMP N 4 Sungai Penuh penelitian portofolio masih relative baru diterapkan di SMP N 4 Sungai Penuh, penerapannya dilakukan pada saat siswa belajar dalam jaringan (daring) jarak jauh di rumah.kendala yang dihadapinya pun masih menjadi priritas karena hampir semua siswa belum memahami tujuan dari penilaian portofolio yang diharapkan guru. Kata Kunci :Penilaian Portofolio
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI LENGKAP FELYA.pdf3.42 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.