Dikutip oleh (Rusliah, 2016) bahwa dengan adanya budaya manusia dapat menjadikan budaya sebagai sumber pengetahuan yang membahas tentang pendidikan melalui kebudayaan diistilahkan dengan etnomatematika. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif melalui pendekatan etnografi dengan menggunakan teknik triangulasi dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah terdapat beragam aspek etnomatematika pada aktivitas menganyam yaitu aspek menghitung, mengukur, mendesain, dan menjelaskan, serta terdapat materi matematika yaitu pola bilangan, geometri, refleksi (pencerminan), teselasi (pengubinan), sudut, dan translasi (pergeseran). Melalui penelitian ini dapat memperkenalkan bahwa matematika dapat ditemukan diluar pendidikan formal diantaranya dengan mengeksplorasi aspek matematika yang terdapat pada anyaman bambu.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
FILE YANG DITANDATANGANI.pdf2.27 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.