EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KEARIFAN LOKAL ANYAMAN BAMBU DESA BUNGA TANJUNG KABUPATEN KERINCI

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 14:57
Deskripsi/Abstract
Dikutip oleh (Rusliah, 2016) bahwa dengan adanya budaya manusia dapat menjadikan budaya sebagai sumber pengetahuan yang membahas tentang pendidikan melalui kebudayaan diistilahkan dengan etnomatematika. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif melalui pendekatan etnografi dengan menggunakan teknik triangulasi dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah terdapat beragam aspek etnomatematika pada aktivitas menganyam yaitu aspek menghitung, mengukur, mendesain, dan menjelaskan, serta terdapat materi matematika yaitu pola bilangan, geometri, refleksi (pencerminan), teselasi (pengubinan), sudut, dan translasi (pergeseran). Melalui penelitian ini dapat memperkenalkan bahwa matematika dapat ditemukan diluar pendidikan formal diantaranya dengan mengeksplorasi aspek matematika yang terdapat pada anyaman bambu.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi