Deskripsi/Abstract
Latar belakang masalah skripsi ini adalah Keutuhan keluarga disamping
ditinjau dari adanya ayah, ibu dan anak juga dapat dilihat dari sifat hubungan atau
antara anggota keluarga satu sama lain. Ketidakhadiran antara ayah dan ibu salah
satu nya disebabkan oleh kematian dan perceraian dalam suatu keluarga sangat
berpengaruh pada diri anak. Dalam hal tersebut pentingnya adanya motivasi
dalam belajar motivasi adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa
yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya
dengan beberapa indicator atau unsur yang mendukung.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana
kondidsi siswa yang Broken Home, (2) Untuk mengetahui upaya apa saja yang
telah dilakukan oleh guru PAI. Untuk mencapai tujuan diatas, dingunakan
pendekatan penelitian kualitatif dan metode Fenomenalogi, yaitu penelitian yang
menggambarkan kondisi yang sedang terjadi, teknik pengumpulan data
menggunakan yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: (a) motivasi belajar siswa broken home di SMP
Negeri 5 kota sungai penuh. Dikatakan masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari
cara siswa tidak serius belajar, ribut dikelas, tidur dikelas, bolos, tidak
mengerjakan tugas, dll.(b) peran guru pendidikan agama islam dalam memotivasi
siswa yang kondisi keluarga broken home di SMP Negeri 5 Kota Sungai Penuh
bahwa guru pendidikan agama islam berperan sebagai : 1) memberi bimbingan 2)
menciptakan susasana kelas yang kondusif dan menyenangkan 3) memberi
penilaian. (c) kendala dalam memotivasi siswa kondisi keluarga broken home di
SMP Negeri 5 Kota Sungai Penuh, terdapat beberapa faktor penyabab yaitu
datang dari diri siswa dan datang dari luar diri siswa (orang tua, lingkungan
masyarakat, lingkungan sekolah).
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.