Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sesuainya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Fiqh yang dibuat dan dilakukan guru dengan yang diharapkan. Akibatnya beberapa siswa cenderung bersikap pasif dan berdampak besar terhadap kemampuan komunikasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Teams Games Tournaments Pada Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitin ini adalah guru dan siswa kelas XI MA Raudlatul Ulum yang berjumlah 15 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan tes lisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Teams Games Tournaments dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI PIK Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum. Peningkatan kemampuan komunikasi pada siklus I sebesar 21,77 dari kondisi awal 45,53 meningkat menjadi 67,3. Pada siklus II meningkat sebesar 15,2 dari siklus I 67,3 meningkat menjadi 82,5.