Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sesuainya perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran Fiqh yang dibuat dan dilakukan guru dengan yang
diharapkan. Akibatnya beberapa siswa cenderung bersikap pasif dan berdampak
besar terhadap kemampuan komunikasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan Penerapan Model Teams Games Tournaments Pada
Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa di
Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan
dan refleksi. Subjek penelitin ini adalah guru dan siswa kelas XI MA Raudlatul
Ulum yang berjumlah 15 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan
peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diperoleh melalui lembar
observasi dan tes lisan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Teams Games
Tournaments dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI PIK
Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum. Peningkatan kemampuan komunikasi pada
siklus I sebesar 21,77 dari kondisi awal 45,53 meningkat menjadi 67,3. Pada
siklus II meningkat sebesar 15,2 dari siklus I 67,3 meningkat menjadi 82,5.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI SELESAI IMEL.pdf1.79 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.