Penelitian dilatarbelakangi Sebagaimana hasil observasi awal penulis tanggal 22 Juli 2021, bahwa hasil belajar siswa secara daring yang berjalan hampir 3 semester lalu mengalami kemunduran. Siswa cenderung tidak semangat dan tidak berminat belajar di rumah. Karena sekarang pembelajaran pendidikan agama Islam sudah mulai dilaksanakan secara luring/tatap muka, maka penulis melakukan observasi kedua tentang kreativitas guru mengatasi menurunnya hasil pembelajaran pendidikan agama Islam siswa selama belajar daring. Adapun tujuan penelitian yaitu: pertama, untuk mengetahui kreativitas guru PAI di SMPN 34 Kerinci dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kedua, untuk mengetahui metode guru PAI di SMPN 34 Kerinci dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dan tujuan ketiga untuk mengetahui hasil belajar PAI di SMPN 34 Kerinci. Hasil penelitian ialah: (1) Kreativitas guru PAI dalam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 34 Kerinci yaitu pertama, guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang beragam dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, guru menggunakan berbagai media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan kemauan siswa belajar dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. ketiga, guru mampu mengatasi kesulitan belajar siswa dengan berbagai solusi penyelesaian yang membawa siswa kepada suasana belajar yang kondusif. (2) hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar penddikan agama Islam adalah dengan kreativitas guru menguasai dan menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan keadaan dan materi ajar maka akan menningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. (3) Faktor pendukung kreativitas guru PAI dalam meningkatkan hasil pembelajaran adalah keaktifan siswa, materi pembelajaran, pelatihan-pelatihan guru, dan sumber-sumber buku yang dapat diambil sebagai referensi untuk berkreativitas dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat kreativitas guru PAI dalam meningkatkan hasil pembelajaran adalah dari segi sarana prasarana yang kurang memadai dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.