Penggunaan metode ice breaking disertai media belajar kreatif berbasis ecopreneurship siswa di SMA N 3 Sungai Penuh sangat dibutuhkan, agar proses pembelajarannya tidak vacum dan membosankan. Terutama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari interaksi siswa ketika guru sedang menjelaskan materi di depan kelas. Guru hanya fokus menjelaskan materi yang di ajarkan tanpa memperhatikan apakah siswa juga memperhatikan guru di depan kelas atau tidak. Keberadaan metode dan media ini berpengaruh sebagai perantara dan acuan untuk membangkitkan motivasi siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode ice breaking disertai media belajar kreatif berbasis ecopreneurship dalam pembelajaran biologi terhadap prestasi belajar siswa. Hipotesis penelitian ini yaitu Penggunaan metode ice breaking disertai media belajar kreatif berbasis ecopreneurship dalam pembelajaran biologi terhadap prestasi belajar siswa berpengaruh dan lebih baik dari pada proses pembelajaran tanpa menggunakan metode dan media tersebut ? Penelitian ini dilaksanakan di kelas X. Untuk mendapatkan sampelnya yaitu digunakan Claster Random Sampling untuk menemukan sampel akir yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan juga kelas kontrol. Setelah dilakukannya penelitian maka diperoleh data statistik hipotesis akirnya yaitu H1 diterima dan H0 ditolak dengan perolehan Thitung = 4,52 dan Ttabel 1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode ice breaking disertai media belajar kreatif berbasis ecopreneurship dalam pembelajaran biologi terhadap prestasi belajar siswa tepatnya di SMA N 3 Sungai Penuh.