April 2023

ANALISIS TRANSAKSIONAL MEDIA AUM KONSELING TERHADAP POLA KOMUNIKASI BAHASA VERBAL MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM IAIN KERINC

Submitted by nuzmi on Wed, 04/19/2023 - 15:01
Terjadi kegagalan dalam komunikasi antar pribadi menggambarkan bahwa suatu tindakan dan bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal tidak berjalan dengan maksimal. Agar gejala tersebut tidak terus berkembang, maka salah satu usaha yang dapat digunakan adalah konseling melalui pendekatan Analisis Transaksional. Analisis Transaksional menekankan pada aspek kognitif, rasional dan tingkah laku dari kepribadian. Disamping itu, pendekatan ini berorientasi pada peningkatan kesadaran sehingga konseli dapat membuat keputusan baru dan mengganti arah hidupnya.
Penulis
Koleksi

Urgensi Pendidikan Akidah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik

Submitted by admin on Mon, 04/17/2023 - 22:12
Pendidikan merupakan proses membimbing dan mendidik menjadikan manusia dewasa. Tingkat kedewasaan terwujud jika peserta didik memiliki kecerdasan intelektual, emisional dan religius yang teraplikasi dalam karakter berfikir, bertindak dan bertingkah laku. unsur penting untuk mewujudkan adalah pendidikan akidah karena dari akidah akan terpancar nilai nilai keluhuran.
Penulis
Koleksi

Konteks Keberagaman di Indonesia : Analisis pengamalan Akidah LDII dalam Aspek Illahiyat

Submitted by admin on Mon, 04/17/2023 - 22:07
lembaga dakwah islam indonesia (LDII) ialah organisasi sosial kemasyarakatan islam di indonesia. dalam konteks perjalanan pemikiran islam di indonesia, LDII mendapat memperoleh perhatian berbagai masyarakat seperti: Ulama dan pemerintah. Perhatian tersebut karena pengamalan akidah yang di anggap oleh sebagian masyarakat islam Indonesia menyimpang dari pengamalan akidah masyoritas umat islam indonesia yang bermuara pada justifikasi seperti; aliran"sesat" tajdid, dan ushuliyah min al-din
Penulis
Koleksi

eksistensi Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Islam

Submitted by admin on Mon, 04/17/2023 - 09:40
Keberadaan pondok pesantren telah di akui dengan surat keputusan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama, keputusan tersebut juga telah di tindak lanjuti dengan keputusan bersama direktur jendral pembinaan kelembagaan agama islam dengan direktur jendral. untuk mempertahankan keberadaan pesantren, saat ini telah menwarkan banyak kurikulum.

Penyusunan Konsep Model Problem Based Learning-Flipped Classroom

Submitted by admin on Sat, 04/15/2023 - 09:53
Buku ini menjeleaskan secara komperhensif tentang keistimewaan Model Problem Based Learning-Flipped Classroom sebagai sebuah metode yang layak dipertimbangkan untuk diterapkan dalam perkuliahan di jurusan Matematika. Buku ini diharapkan mampu membantu para pembaca, khususnya para dosen, untuk memperdalam kajian teori dan praktik yang mengintegrasikan tentang pengetahuan dasar desain pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran dengan Flipped Classroom sehingga dapat meningkatkan kemandirian belajar, keterampilan berpikir kritis, serta argumentasi dan komunikasi matematis.
Penulis
Koleksi

Perilaku Prososial Ditinjau dari Budaya, Kondisi Sosial Ekonomi, dan Gender

Submitted by ekosujadi on Thu, 04/13/2023 - 20:19
This study aims to analyze the description of prosocial behavior, differences in prosocial behavior based on socioeconomic conditions, gender, and culture, as well as the differences in prosocial behavior based on the interaction between culture, socioeconomic conditions, and gender. This research is a comparative descriptive study that uses comparative analysis techniques. A total of 123 students participated in this study, and the instrument used was the Likert scale. Hypothesis testing in this research used three-way Analysis of Variance (ANOVA).

An anxiety analysis of educators, students and parents facing the new normal era in education sector in indonesia

Submitted by ekosujadi on Thu, 04/13/2023 - 20:15
The increasing trend of positive cases of COVID-19 causes anxiety in the general public and certain groups of people. A study identified high levels of anxiety among respondents related to COVID-19, where more than 80 % of them were preoccupied with thoughts about COVID-19, 72 % worried about themselves and those closest to them during the pandemic, and 40 % were paranoid with the contagious mind of COVID-19. The COVID-19 Pandemic also affects the psychological aspects of students (Cao et al., 2020), as well as being a major challenge to mental health of older adults (Yang et al., 2020).
Penulis
Koleksi

Implementasi Metode Drill dan Metode An-Nahdliyah dalam Mengatasi Gangguan Vokalisasi Anak Melalui Membaca Al-Qur’an

Submitted by nuzmi on Thu, 04/13/2023 - 14:18
Metode menyangkut masalah cara kerja untuk memakai objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Metode adalah cara atau prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. TPA Sebukar Kabupaten Kerinci mengimplementasikan metode belajar Al-Qur’an yaitu metode drill dan metode an-nahdliyah. Tujuan penelitian ini untuk melihat implementasi metode tersebut dalam mengatasi gangguan vokalisasi anak melalui membaca Al-Qur’an yang diterapkan di TPA Sebukar Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Penulis
Koleksi

Peningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Strategi Pembelajaran True Or False Di Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Kerinci

Submitted by nuzmi on Thu, 04/13/2023 - 14:08
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan Prestasi Belajar mahasiswa pada Mata Kuliah PAI Program Studi PAI IAIN Kerinci melalui penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran True or False (benar atau salah) pada materi makanan dan minuman yang halal dan haram.
Penulis
Koleksi

SISTIM PEMERINTAHAN PRESIDIUM DI KERAJAAN DEPATI IV ALAM KERINCI; STUDI AKULTURASI ISLAM DENGAN TRADISI LOKAL

Submitted by Qentira2014 on Wed, 04/12/2023 - 10:56
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sistim pemerintahan yang berlaku di Kerajaan Depati IV Alam Kerinci. secara spesifik penelitian ini akan menjelaskan bagaimana perintahan presidium yang dijalankan di Kerajaan Depati IV Alam Kerinci meliputi latar belakang sistim tersebut dan pelaksanaannya. selanjutnya akan menjelaskan keterkaitan tradisi lokal pemerintahan Depati IV Alam Kerinci dengan prinsip Islam yang terkait dengan masyarakat dan pemerintahan. Lingkup kajian penelitian ini adalah sejarah lokal yakni meneliti keunikan dan fenomena yang berlaku lokal (Kerinci).

Urgensi Rubrik Assesmen Alternatif dalam Perkuliahan

Submitted by Qentira2014 on Wed, 04/12/2023 - 10:41
Sebagai salah satu usaha dalam rangka menambah bahan bacaan pada Perpustakaan STAIN Kerinci adalah dengan memperbanyak dan membukukan hasil penelitian dari dosen-dosen STAIN Kerinci. Hasil penelitian berjudul “Urgensi Rubrik Assesmen Alternatif dalam Perkuliahan” yang ditulis oleh Norman Ohira, M.Ag.,M.Pd Dkk. dipandang perlu untuk diperbanyak dan dibukukan. Mudah-mudahan karya ini dapat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa yang menekuni bidang Ilmu Tarbiyah khususnya dalam pengembangan sisitim evaluasi dan penilaian perkuliahan dan juga bermanfaat bagi segenap pembaca pada umumnya.