Nuzmi Sasferi

The Effect of Self-Esteem on Resilience Among Victims of Bullying: Does Gender Play a Role?*

Submitted by nuzmi on Wed, 05/10/2023 - 15:49

Bullying has become a serious issue in educational institutions. Bullying causes significant negative effects on physical, social, and psychological aspects. The purpose of this study is to investigate the influence of self-esteem on resilience. We also analyzed the resilience differences between male and female students. Through a cross-sectional study design, 86 students participated in completing a survey. The Multidimensional Peer-Victimization Scale developed by Mynard & Joseph was used to determine respondents who were victims of bullying.

The Effect of Academic Self-Efficacy on Students’ Thesis Writing Resilience

Submitted by nuzmi on Thu, 05/04/2023 - 09:22
Abstract. The most crucial inventory of literacy skills for students is completing a final project in the form of a thesis. However, many students experience high levels of anxiety during the guidance process, due to worries about conducting difficult research and demands from parents, as well as finding problems that can be used as titles, understanding how to write scientific papers, finding references, and meeting supervisors. This leads to stress among students, who feel pressured and lack confidence in their abilities, which is an important phenomenon studied here.
Penulis

Sinergitas kompetensi sosial dosen terhadap pembentukan self-disclosure mahasiswa tingkat awal*

Submitted by nuzmi on Tue, 05/02/2023 - 09:13
Self-disclosure needs to be owned by students, especially in the first year because it is a way to adapt to a new environment. This study aims to analyze the synergy between lecturer's social competence on the formation of student self-disclosure. The research method uses a quantitative approach with the type of correlational research. The research population is all freshmen in the first year. The research sample was 146 students. The sampling technique used is cluster sampling.
Penulis
Koleksi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA KULIAH UMUM (MKU) BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA*

Submitted by nuzmi on Tue, 05/02/2023 - 09:08
MKU Bahasa Indonesia dipandang oleh sejumlah mahasiswa sebagai Mata Kuliah yang membosankan Hal ini dikarenakan materi perkuliahan MKU Bahasa Indonesia hanya menekankan pada keterampilan mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Selain itu dalam menyampaikan materi pembelajaran dosen dominan menggunakan metode ceramah, membaca buku, menjelaskan, menulis dipapan tulis, kemudia mahasiswa mencatatnya. Penggunaan media pembelajaran pada orientasi pembelajaran akan sangat membantu keaktifan proses pembelajaran dan menyampaian pesan dan isi perkuliahan yang dipelajari.
Penulis
Koleksi

PENGARUH PENERAPAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH UMUM (MKU) BAHASA INDONESIA DI PROGRAM STUDI PAI IAIN KERINCI KERINCI*

Submitted by nuzmi on Tue, 05/02/2023 - 09:04
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pengetahuan mahasiswa sebelum menggunakan media youtube dalam pembelajaran MKU Bahasa Indonesia, untuk mengetahui kompetensi pengetahuan mahasiswa setelah menggunakan media Youtube dalam pembelajaran MKU Bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui peningkatan kompetensi pengetahuan mahasiswa setelah menggunakan media Youtube dalam pembelajaran MKU Bahasa Indonesia. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Sedangkan desain rancangan pre eksperimental (pre eksperimental design).
Penulis

MOTIVASI INSTRINSIK, DUKUNGAN SOSIAL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI*

Submitted by nuzmi on Tue, 05/02/2023 - 08:52
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan negatif dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 72 mahasiswa yang diambil dari mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik, dukungan sosial, dan motivasi intrinsik.

Penerapan Language Skills Melalui Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Bahasa di MA Negeri 1 Kerinci*

Submitted by nuzmi on Tue, 05/02/2023 - 08:27
Abstract: Language skills can be improved through the application of CIRC learning models, and the procedure of CIRC includes: teacher presentation, team practice, individual practice, peer preassessment, additional practice and testing. Then the last one is various activities which they elements in the CIRC learning model such as (1) reading each other's stories with group friends, (2) conclude stories, (3) listen to stories, (4) retell stories that have been read and heard in oral and written forms, (5) play drama, (6) write, edit, revise, and publish poetry with group friends.
Penulis
Koleksi

ANALISIS TRANSAKSIONAL MEDIA AUM KONSELING TERHADAP POLA KOMUNIKASI BAHASA VERBAL MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM IAIN KERINC

Submitted by nuzmi on Wed, 04/19/2023 - 15:01

Terjadi kegagalan dalam komunikasi antar pribadi menggambarkan bahwa suatu tindakan dan bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal tidak berjalan dengan maksimal. Agar gejala tersebut tidak terus berkembang, maka salah satu usaha yang dapat digunakan adalah konseling melalui pendekatan Analisis Transaksional. Analisis Transaksional menekankan pada aspek kognitif, rasional dan tingkah laku dari kepribadian. Disamping itu, pendekatan ini berorientasi pada peningkatan kesadaran sehingga konseli dapat membuat keputusan baru dan mengganti arah hidupnya.

Penulis
Koleksi

Implementasi Metode Drill dan Metode An-Nahdliyah dalam Mengatasi Gangguan Vokalisasi Anak Melalui Membaca Al-Qur’an

Submitted by nuzmi on Thu, 04/13/2023 - 14:18

Metode menyangkut masalah cara kerja untuk memakai objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Metode adalah cara atau prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. TPA Sebukar Kabupaten Kerinci mengimplementasikan metode belajar Al-Qur’an yaitu metode drill dan metode an-nahdliyah. Tujuan penelitian ini untuk melihat implementasi metode tersebut dalam mengatasi gangguan vokalisasi anak melalui membaca Al-Qur’an yang diterapkan di TPA Sebukar Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.

Penulis
Koleksi