Nuzmi Sasferi
The Effect of Self-Esteem on Resilience Among Victims of Bullying: Does Gender Play a Role?*
Bullying has become a serious issue in educational institutions. Bullying causes significant negative effects on physical, social, and psychological aspects. The purpose of this study is to investigate the influence of self-esteem on resilience. We also analyzed the resilience differences between male and female students. Through a cross-sectional study design, 86 students participated in completing a survey. The Multidimensional Peer-Victimization Scale developed by Mynard & Joseph was used to determine respondents who were victims of bullying.
The Effect of Academic Self-Efficacy on Students’ Thesis Writing Resilience
Sinergitas kompetensi sosial dosen terhadap pembentukan self-disclosure mahasiswa tingkat awal*
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA KULIAH UMUM (MKU) BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA*
PENGARUH PENERAPAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH UMUM (MKU) BAHASA INDONESIA DI PROGRAM STUDI PAI IAIN KERINCI KERINCI*
MOTIVASI INSTRINSIK, DUKUNGAN SOSIAL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI*
Penerapan Language Skills Melalui Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Bahasa di MA Negeri 1 Kerinci*
ANALISIS TRANSAKSIONAL MEDIA AUM KONSELING TERHADAP POLA KOMUNIKASI BAHASA VERBAL MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM IAIN KERINC
Terjadi kegagalan dalam komunikasi antar pribadi menggambarkan bahwa suatu tindakan dan bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal tidak berjalan dengan maksimal. Agar gejala tersebut tidak terus berkembang, maka salah satu usaha yang dapat digunakan adalah konseling melalui pendekatan Analisis Transaksional. Analisis Transaksional menekankan pada aspek kognitif, rasional dan tingkah laku dari kepribadian. Disamping itu, pendekatan ini berorientasi pada peningkatan kesadaran sehingga konseli dapat membuat keputusan baru dan mengganti arah hidupnya.
Implementasi Metode Drill dan Metode An-Nahdliyah dalam Mengatasi Gangguan Vokalisasi Anak Melalui Membaca Al-Qur’an
Metode menyangkut masalah cara kerja untuk memakai objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Metode adalah cara atau prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. TPA Sebukar Kabupaten Kerinci mengimplementasikan metode belajar Al-Qur’an yaitu metode drill dan metode an-nahdliyah. Tujuan penelitian ini untuk melihat implementasi metode tersebut dalam mengatasi gangguan vokalisasi anak melalui membaca Al-Qur’an yang diterapkan di TPA Sebukar Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.