Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pengetahuan mahasiswa sebelum
menggunakan media youtube dalam pembelajaran MKU Bahasa Indonesia, untuk mengetahui
kompetensi pengetahuan mahasiswa setelah menggunakan media Youtube dalam pembelajaran
MKU Bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui peningkatan kompetensi pengetahuan mahasiswa
setelah menggunakan media Youtube dalam pembelajaran MKU Bahasa Indonesia. Metodologi
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen.
Sedangkan desain rancangan pre eksperimental (pre eksperimental design). Adapun rancangan
penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah One Group Pretest- Postest
yaitu sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel diberi pretest (tes awal) dan diakhir
pembelajaran sampel diberi postest (tes akhir). Desain ini digunakan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran MKU Bahasa Indonesia setelah
menggunakan youtube. Hasil penelitian pada penilaian pengetahuan mahasiswa 79% dari
jumlah mahasiswa telah menguasai lebih dari 70% tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
dengan nilai rata-rata 76. Hal ini menunjukkan keberhasilan mahasiswa dalam menemukan
masalah dan memecahkan masalah MKU Bahasa Indonesia dalam media pembelajaran youtube
yang digunakan. Selain itu, penerapan media pembelajaran youtube juga telah berhasil menuntun
mahasiswa dalam menguasai materi dengan melibatkan mahasiswa sepenuhnya dalam proses
pembelejaran. Pengaruh hasil belajar MKU Bahasa Indonesia mahasiswa antara hasil pretest dan
posttest disebabkan karena perlakuan yang diberikan dengan menerapkan media youtube dalam
proses pembelajaran MKU Bahasa Indonesia. Selama perlakuan diberikan dengan menerapkan
media youtube mahasiswa terlihat lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran MKU
Bahasa Indonesia terutama saat melakukan praktek.
Files