PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS X MAN 1 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 08:42
Deskripsi/Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas observasi yang diperoleh dilapangan, dalam proses pembelajaran Biologi kelas X MAN 1 Sungai Penuh penggunaan media yang masih minim sehingga menyebabkan kurangnya minat Siswa dalam proses pembelajaran dan mempengaruhi hasil bealajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan konstruksi pengembangan media pembelajaran Booklet berbasis Discovery Learning untuk Siswa kelas X MAN 1 Sungai Penuh. 2) Menguji kevalidan media pembelajaran Booklet berbasis Discovery Learning untuk Siswa kelas MAN 1 Sungai Penuh. 3) Menguji kepraktisan media pembelajaran Booklet berbasis Discovery Learning untuk Siswa kelas MAN 1 Sungai Penuh. 4) Menguji keefektifan media pembelajaran Booklet berbasis Discovery Learning untuk Siswa kelas X MAN 1 Sungai Penuh. Jenis penelitian yang digunakan berupa Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Developmen, Disseminate). Pada uji efektivitas peneliti menggunakan desain peneitian quasi experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, telah berhasil dikembangkan media booklet berbasis discovery learning dengan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase skor 81% dan ahli media diperoleh persentase skor 90% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan media dari Guru diperoleh persentase skor 85,83% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase skor 86,66%, sedangkan pada uji coba skala besar diperoleh persentase 88,98% dengan kriteria sangat menarik. Selanjutnya pada uji keefektifan, pada kelas eksperimen diperoleh persentase skor minat belajar Siswa 72,84%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh persentase skor 68% dan pada hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rerata skor 76,96, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rerata skor 60,06 sehingga dapat dinyatakan media pembelajaran booklet berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Siswa

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://pa-barru.go.id/kasus/ https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi