Deskripsi/Abstract
ABSTRAK
Desmita, Lestari. 2023. Hubungan Persepsi Siswa Pada Metode Inquiry Learning
Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 3 Kerinci.
Skripsi. Pendidikan Agama Islam (I) Drs. Darsi, M.PdI , (II) Indah
Herningrum, M.PdI
Kata Kunci :Metode Inquiry Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama
Majunya suatu negara ditentukan oleh kualitas pendidikan yang ada pada
negara tersebut, karena nasib suatu bangsa kedepannya dapat dilihat dari kualitas
dan kuantitas lembaga pendidikannya baik pendidikan formal, nonformal ataupun
informal. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam upaya
pmebentukan sumber manusia yang berkualitas. Dalam mata pelajaran pendidikan
agama Islam seperti menemukan peneliti dimana guru menjadi komponen utama
dalam berhasil tidaknya suatu pembelajaran sedangkan di SMPN 3 Kerinci guru
masih fokus pada materi sedangkan guru merupakan sumber utama ilmu
pengetahuan banyak dari guru lebih memilih untuk menggunakan metode
ceramah yang pada akhirnya banyak peserta didik yang merasa bosan saat belajar,
sebagai komponen utama guru harus memilih metode yang tepat agar proses
pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik kemudian metode inquiry learning
lah menjadi pilihan utama dlam strategi belajar.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi siswa
pada metode inquiry learning dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 3
Kerinci dan untuk mengetahui hasil belajar siswa ketika menerapkan metode
inquiry learning dalam pembelajaran PAI, untuk mengetahui hubungan persepsi
siswa pada metode inquiry learning dengan hasil belajar siswa SMPN 3 Kerinci.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui kuesioner, dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik uji
validitas, uj reliabilitas, uji prasyarat, uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara persepsi siswa terhadap Metode pembelajaran Inquiry Learning dengan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN
3 Kerinci. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 yang kurang
dari nilai alpha (0,1) pada uji regresi. Dalam hal ini, semakin positif persepsi
siswa terhadap Metode pembelajaran Inquiry, maka semakin tinggi pula hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Koleksi
Subject
Files
LD.surat pernyataan.pdf247.49 KB
Nota Dinas Dan Pengesahan.pdf439.32 KB
SKRIPSI LESTARI FINIS.pdf1.21 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.