HUBUNGAN PERSEPSI SISWA PADA METODE INQUIRY LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMPN 3 KERINC

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 10:26
Deskripsi/Abstract
ABSTRAK Desmita, Lestari. 2023. Hubungan Persepsi Siswa Pada Metode Inquiry Learning Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 3 Kerinci. Skripsi. Pendidikan Agama Islam (I) Drs. Darsi, M.PdI , (II) Indah Herningrum, M.PdI Kata Kunci :Metode Inquiry Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Majunya suatu negara ditentukan oleh kualitas pendidikan yang ada pada negara tersebut, karena nasib suatu bangsa kedepannya dapat dilihat dari kualitas dan kuantitas lembaga pendidikannya baik pendidikan formal, nonformal ataupun informal. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pmebentukan sumber manusia yang berkualitas. Dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam seperti menemukan peneliti dimana guru menjadi komponen utama dalam berhasil tidaknya suatu pembelajaran sedangkan di SMPN 3 Kerinci guru masih fokus pada materi sedangkan guru merupakan sumber utama ilmu pengetahuan banyak dari guru lebih memilih untuk menggunakan metode ceramah yang pada akhirnya banyak peserta didik yang merasa bosan saat belajar, sebagai komponen utama guru harus memilih metode yang tepat agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik kemudian metode inquiry learning lah menjadi pilihan utama dlam strategi belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi siswa pada metode inquiry learning dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 3 Kerinci dan untuk mengetahui hasil belajar siswa ketika menerapkan metode inquiry learning dalam pembelajaran PAI, untuk mengetahui hubungan persepsi siswa pada metode inquiry learning dengan hasil belajar siswa SMPN 3 Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik uji validitas, uj reliabilitas, uji prasyarat, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap Metode pembelajaran Inquiry Learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 3 Kerinci. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 yang kurang dari nilai alpha (0,1) pada uji regresi. Dalam hal ini, semakin positif persepsi siswa terhadap Metode pembelajaran Inquiry, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis