Pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (circ) terhadap hasil Belajar akidah akhlak peserta didik Kelas x MAN 2 sungai penuh

Submitted by admin on Tue, 01/09/2024 - 11:36
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan masih berupa metode ceramah, tanya jawab, dan memberi catatan kepada peserta didik, hasil belajar peserta didik juga belum tercapai secara maksimal atau masih rendah, serta peserta didik kurang memperhatikan guru yang mengajar didepan dan tidak aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar dan juga femomena-fenomena lain yang peneliti temukan menjadi hambatan sebab rendahnya hasil belajar peserta didik disamping penggunaan model pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian Quasi Experimental Desain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas X MAN 2 Sungai Penuh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Sampling Jenuh, yaitu kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, penerapan model pembelajaran CIRC dilaksanakan pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dalam penerapannya dilaksanakan dengan membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 orang siswa, kemudian siswa tersebut diminta untuk bekerja sama dalam menemukan kata kunci terhadap materi ajar yang diberikan gurunya. Teknik pengumpulan data hasil belajar yaitu menggunakan tes (pretest dan posttest) dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (78,08) lebih besar dari kelas kontrol (63,85), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran CIRC lebih efektif dibandingkan metode konvensional pada kelas kontrol. Hal tersebut juga dibuktikan dari nilai thitung > ttabel yaitu 3,033 > 2,064, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas X MAN 2 Sungai Penuh. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, maka seorang guru wajib untuk menentukan model pembelajaran seperti apa yang cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar yang juga dapat disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada kondisi tertentu.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis