EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI KERINCI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CSE-UCLA

Submitted by admin on Fri, 02/11/2022 - 09:28
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kualitas evaluasi pembelajaran ditinjau dari komponen system assessment, program planning, program implementation, program improvement, dan program certification. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian mixed method dengan desain explanatory sequential. Untuk mendapatkan data model CSE-UCLA ini peneliti menggunakan studi (1) Study dokument tentang visi dan misi sekolah, sarana dan prasarana sekolah, SDM, dan landasan hukum mengenai pelaksanaan pembelajaran, (2) Observasi peneliti terhadap silabus, RPP, dan bahan ajar yang digunakan oleh guru serta observasi mengenai kesesuaian antara silabus dengan proses pembelajaran IPA, (3) Angket, digunakan peneliti untuk mengukur dan melihat respon siswa terhadap pelajaran IPA, (4) Tes, digunakan peneliti untuk mengetahui tentang pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran IPA, dan (5) Wawancara terhadap guru. Hasil yang didapat secara umum tingkat kualitas evaluasi pembelajaran ditinjau dari lima komponen model evaluasi tersebut sudah termasuk dalam kategori baik, yang mana kualitas evaluasi pembelajaran Biologi kelas VII di SMP Negeri 1 Kerinci ditinjau dari komponen system assessment sudah termasuk dalam kategori baik, ditinjau dari program planning diperoleh hasil sebanyak 89,90%, ditinjau dari program implementation diperoleh sebanyak 85,39%, ditinjau dari program improvement diperoleh sebanyak 78,86%, dan tinjau dari program certification diperoleh sebanyak 80%. walaupun masih terdapat kendala pada tahap program planning yang mana bahan ajar yang digunakan masih dominan kepada bahan ajar visual, dan kendala pada tahap program improvement masih kurangnya interaksi siswa dengan guru selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi