PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:26
Deskripsi/Abstract
Sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah dikarenakan materinya yang banyak dan membutuhkan pemahaman dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain menggunakan Control Group Post Test – Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Sungai Penuh yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, didapakan kelas VII A berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol, kelas VII B berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data menggunakan uji t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 75,4 rata-rata tersebut sudah berada diatas KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65,00. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dalam pembelajaran Biologi pada materi pokok klafisikasi makhluk hidup dapat meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa siswa di kelas VII SMP Negeri 12 Sungai Penuh.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis