Buku penuntun merupakan sebuah bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bahan acuan untuk pendidik dan peserta didik dalam proses praktikum. Inkuiri terbimbing merupakan suatu model pembalajaran dimana guru sebagai fasilitator, narasumber, dan pembimbing selama proses praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan buku penuntun praktikum pembelajaran ipa berbasis inkuiri terbimbing. Dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP At-Thayyibah Semurup pada 28 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis validasi dan kepraktisan pengguna pada buku penuntun praktikum. Hasil pengembangan menghasilkan buku penuntun praktikum materi sistem pernapasan pada manusia. Buku penuntun praktikum yang. Dari validasi ahli materi diperoleh skor sebesar 3,73 atau 93,25% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli media diperoleh skor sebesar 3,15 atau 78,75% dengan kategori valid. Sedangkan respon pengguna siswa terhadap pengembangan buku penuntun praktikum memperoleh skor 3,4 atau 68% dengan kategori praktis. Dari uji yang telah dilakukan buku penuntun praktikum dinyatakan dapat dikembangkan dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran yang lebih lanjut.