Peranan yang dilakukan guru sudah mulai berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, dalam penerapannya guru biologi sudah melihat perobahan dari diri siswa dalam keterampilan siswa dalam proses belajar mengajar setelah penerapan peranan karya wisata berdampak dalam hal aktifitas belajarnya, dengan adanya penerapan metode pelajaran yang baik dan menyenangkan dalam proses belajar mengajar dengan adanya metode yang sesuai dengan pembelajaran seperti metode karya wisata maka akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar maka dalam proses belajar mengajar akan muncul ketrampilan siswa baik ketrampilan bertanya dan menjawab dan memberikan solusi tentang pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan adanya penerapan metode praktikum yang dilakukan oleh guru berdampak kepada keterampilan siswa dalam proses belajar mengajar IPA disekolah, dalam hal ini siswa mengalami hal yang lebih baik dari sebelumnya setelah adanya penerapan metode praktikum yang diterapkan oleh guru. Keterampilan yang didapat oleh siswa seperti : Keterampilan bertanya, keterampilan menjawab pertanyaan guru mengenai materi pelajaran, keterampilan mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, keterampilan siswa dalam melakukan umpan balik pertanyaan guru dalam forum diskusi kelompok dan keterampilan dalam tugas kerja kelompok. Setelah guru menerapkan praktikum di rungan kelas dan labor IPA siswa sudah mengalami perubahan dalam proses belajar mengajar baik itu dari segi pembelajaran siswa, perhatian siswa disaat guru menjelaskan pelajaran, tanggapan siswa disaat guru memberikan pertanyaan dan peningkatan hasil belajar siswa.Penerapan praktikum yang dilakukan oleh guru kepada siswa sudah nampak kemajuan dalam proses belajar megajar IPA disekolah yang mana siswa sudah memiliki keterampilan dalam pembelajaran IPA dengan materi struktur fungsi tumbuhan, yang mana ketrerampilan siswa dalam belajar, keterampilan bertanya, menjawab soal-soal yang diberikan guru, keterampilan dalam kerja kelompok, keterampilan menyelesaikan tugas kelompok dan juga ketremapilan dalam memahami materi tentang struktur fungsi tumbuhan. Dalam hal kendala memang dihadapi oleh guru dan siswa baik itu dari segi ketrampilan guru dalam penerapan metode dan media pembelajaran, dalam hal ini semua kendala yang ada dapat diatasi dengan kerja sama antara guru dan siswa serta sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang baik akan dilengkapi dalam waktu yang dekat supaya proses belajar mengajar akan lebih menyenangkan dan termotivasi siswa dalam belajar leih baik lagi sehingga prestasi siswa dapat tercapai sesuai dengan harapan.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI ELAN.pdf5.09 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.