Untuk menjadikan sebuah bangsa yang berkualitas tentu aspek pendidikan menjadi kunci yang paling utama untuk mewujudkan hal tersebut. Peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi telah menjadi salah satu prioritas dalam pelajaran di sekolah observasi awal di SMN 7 Kerinci pada pembelajaran biologi, dapat dijelaskan bahwa disekolah tersebut sudah menggunakan kurikulum 2013 hanya saja penggunaannya masih belum maksimal. Proses pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru (teacher centered) belum student center. Selain itu, instrument tes yang tersedia masih terbatas dan belum pernah menggunakan instrument tes untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Guru kebanyakan mengambil soal dari satu buku pembelajaran saja sehingga soal latihan yang diberikan hampir sama persis dengan contoh latihan yang diberikan sebelumnya sehinga kurang melatih HOTS siswa. Pada observasi awal yang peneliti lakukan ditemukan pada materi klasifikasi makhluk hidup, dari 60 siswa kelas X di SMAN 7 Kerinci,terdapat 40 siswa mengalami kesulitan ketika dihadapkan soal yang menghubungkan dengan apa yang telah dipelajariatau setara dengan 66,7% dari 60 siswa mengalami nilai yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian R&D atau penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, studi literatur, ujian atau tes dan wawancara kemudian dianalisis dengan teknik validasi ahli media, validasi ahli materi dan uji coba soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen soal essay tipe HOST materi klasifikasi makhluk hidup kelas X di SMAN 7 Kerinci dan sejauh mana tingkat keefektifan pengembangan instrumen soal essay tipe HOST materi klasifikasi makhluk hidup kelas X di SMAN 7 Kerinci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keefektivan instrumen soal HOTS berada di 79% yaitu dengan kategori efektiv.