Implementasi Kebijakan Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember

Deskripsi/Abstract

Pendidikan yang diharapkan akan menjadi ujung tombak kemajuan bangsa pada kenyataannya belum sepenuhnya terwujud. Ribuan Pondok Pesantren yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia juga belum mampu mengatasi masalah degradasi karakter yang optimal. Pendidikan karakter adalah fundamental dalam pembentukan kepribadian manusia dalam rangka menciptakan generasi yang menghasilkan Allah. Salah satu sekolah berasrama yang cukup berhasil membuat program hafalan kebijakan sebagai upaya penguatan pendidikan karakter yaitu Pesantren Al-Qur'an Ibnu Katsir Jember. Melalui penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data nonetnografi, pengamatan non-peserta, wawancara tidak terstruktur, dan dokumen sekunder, ditemukan bahwa pelaksanaan penghafalan kebijakan program Al-Qur'an sebagai upaya penguatan pendidikan karakter kemudian dilakukan dengan memilih program untuk ditambahkan ke Rote, ulangi hafalan, ujian bulanan, membuat menghafal dengan teman, melakukan hafalan dengan keluarga dan pengujian publik. Kegiatan ini mendorong penguatan karakter sehingga menghasilkan rasa percaya diri, toleransi, tangguh dan tahan banting, kerja sama, dan komitmen.

Koleksi
Subject
Files
admin-2-document (1)_0_2.pdf Downloaded 1 time
Waktu Publikasi
Penulis