PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERINGAND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 KERINCI

Deskripsi/Abstract
Modul ajar matematika yang baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) juga relevan untuk mengembangkan keterampilan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas modul ajar matematika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun model yang digunakan pada penelitian ini adala ADDIE dengan metode Research and Development (R&D). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan data kualitatif. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket, dokumen dan soal tes kemampuan berpikir kritis yang mengacu pada lima indikator kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah analisis validitas, analisis reliabilitas, uji normalitas data, homogenitas data dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis Paired Sampel t-Test. Hasil penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh modul pembelajaran matematika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penilitian diperoleh Penilaian ahli terhadap modul pembelajaran matematika berbasis STEM menunjukkan validitas yang sangat baik. Respon guru dan siswa menunjukkan modul sangat praktis. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan terdapat peningkatan nilai posttest setelah menggunakan modul pembelajaran berbasis STEM. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor posttest lebih tinggi dari rata-rata pretest. Hasil rata-rata N-Gain 0,75 termasuk dalam kategori tinggi.
Waktu Publikasi
Koleksi
Subject
Files
Attachment Size
SKRIPSI MAHARANI ATHENIA (TMTK).pdf 3.98 MB