Deskripsi/Abstract
Modul ajar matematika yang baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)
juga relevan untuk mengembangkan keterampilan ini. Tujuan penelitian ini adalah
untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas modul ajar matematika
berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun
model yang digunakan pada penelitian ini adala ADDIE dengan metode Research
and Development (R&D). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan data
kualitatif. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket,
dokumen dan soal tes kemampuan berpikir kritis yang mengacu pada lima
indikator kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah analisis
validitas, analisis reliabilitas, uji normalitas data, homogenitas data dan uji
hipotesis dengan menggunakan analisis Paired Sampel t-Test. Hasil penelitian ini
bertujuan untuk melihat pengaruh modul pembelajaran matematika berbasis
STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penilitian
diperoleh Penilaian ahli terhadap modul pembelajaran matematika berbasis STEM
menunjukkan validitas yang sangat baik. Respon guru dan siswa menunjukkan
modul sangat praktis. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test
menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan terdapat
peningkatan nilai posttest setelah menggunakan modul pembelajaran berbasis
STEM. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor posttest lebih tinggi dari
rata-rata pretest. Hasil rata-rata N-Gain 0,75 termasuk dalam kategori tinggi.
Files
| Attachment | Size |
|---|---|
| SKRIPSI MAHARANI ATHENIA (TMTK).pdf | 3.98 MB |
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.