PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 11:55
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi SPLDV untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development),dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and evaluation). Penelitian ini berguna untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran matematika matematika berbasis masalah pada materi SPLDV untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh rerata skor 88% yang dikategori “Sangat Valid”, sedangkan hasil validasi ahli bahasa diperoleh rerata skor 88% yang dikateori “Sangat Valid”, sedangkan hasil validasi ahli desain diperoleh rerata skor 89,6% yang dikateori “Sangat Valid”. Hasil respon guru matematika mendapatkan rerata skor 91% yang dikategori “Sangat Praktis”, dan hasil respon siswa mendapatkan rerata skor 83% yang dikategori “Praktis”. serta uji keefektifan siswa dari angket kemandirian belajar siswa pada angket respon awal mendapatkan 66,5% dan angket respon akhir mendapatkan 83% yang dikategorikan “Efektif” dan terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa, serta hasil tes pemecahan masalah matematis siswa dimana hasil dari tes tersebut siswa dapat mencapai KKM Semua. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis masalah valid (layak), Praktis, efektif untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran, dan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis