Deskripsi/Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa modul
pembelajaran matematika berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi
SPLDV untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan (research and development),dengan menggunakan
model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and evaluation).
Penelitian ini berguna untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
modul pembelajaran matematika matematika berbasis masalah pada materi
SPLDV untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pemecahan
masalah matematis. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh rerata skor
88% yang dikategori “Sangat Valid”, sedangkan hasil validasi ahli bahasa
diperoleh rerata skor 88% yang dikateori “Sangat Valid”, sedangkan hasil validasi
ahli desain diperoleh rerata skor 89,6% yang dikateori “Sangat Valid”. Hasil
respon guru matematika mendapatkan rerata skor 91% yang dikategori “Sangat
Praktis”, dan hasil respon siswa mendapatkan rerata skor 83% yang dikategori
“Praktis”. serta uji keefektifan siswa dari angket kemandirian belajar siswa pada
angket respon awal mendapatkan 66,5% dan angket respon akhir mendapatkan
83% yang dikategorikan “Efektif” dan terdapat peningkatan kemandirian belajar
siswa, serta hasil tes pemecahan masalah matematis siswa dimana hasil dari tes
tersebut siswa dapat mencapai KKM Semua. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis masalah valid
(layak), Praktis, efektif untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran, dan dapat
meningkatkan kemandirian belajar siswa
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI SITI RIWANI WATERMARK.pdf
Downloaded 2 times
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.