POTENSI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMK-SPP NEGERI 3 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:42
Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi, potensi lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, faktor pendukung dan penghambat lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SMKSPP Negeri 3 Kerinci. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi hanya diperoleh siswa pada kelas X (sepuluh) saja, sumber belajar menjadi lebih kaya terdapat keanekaragaman tumbuhan dan hewan, siswa dapat berinteraksi langsung dengan sumber yang nyata, jaringan internet cukup memadai untuk meningkatkan siswa dalam mencari literatur pendukung, sekitar sekolah terdapat banyak pohon tinggi sehingga membentuk kanopi. Guru membutuhkan asisten sebagai pengawas, untuk pembelajaran yang akan dilakukan di “pelak” membutuhkan sekitar 10-15 mmenit dengan jalan kaki, kondisi jalan yang belum di aspal seringkali membuat siswa dan guru sulit mencapai lokasi yang akan digunakan sebagai sumber belajar.
Koleksi
Subject
Files
null.pdf1.89 MB
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis