Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peran dari guru sebagai
pembimbing bertolak dari banyaknya siswa yang bermasalah. Dalam
belajar tentunya banyak perbedaan, seperti adanya siswa yang mampu
mencerna materi pelajaran, ada pula siswa yang lambat dalam mencerna
materi pelajaran. Kedua perbedaan inilah yang membuat guru mampu
mengatur strategi dalam pembelajaran yang sesuai dengan keadaan setiap
siswa.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimental
yang bertujuan untuk mengetahui kompetency belajar siswa pada materi
protista, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery
learning. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA
Negeri 5 sungai penuh. Sampel yaitu terdiri dari kelas eksperimen yang
diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas
kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional. Teknik yang digunkanan dalam pengambilan sampel adalah
keseluruhan lokal X A dan X B Ipa. Data yang dikumpulkan adalah data
yang mengenai hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik.
Hasil penelitian pada kognitif menunjukkan bahwa rata-rata belajar
menggunakan model pembelajaran discovery learning pada kelas
eksperimen adalah 74,44 dan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas
kontrol yang menggunakan metode konvensional adalah 59,84
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI DONA HARIANTI .pdf1.93 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.