PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP 48 SATU ATAP KERINCI

Submitted by admin on Fri, 01/26/2024 - 10:26
Deskripsi/Abstract
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu pendidik/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Penggunaan bahan ajar dengan pendekatan STEM dimaksudkan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan dan pemahaman dalam keempat aspek STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika) yang saling terkait pada satu pokok bahasan, dan dapat membantu peserta didik memecahkan masalah dan menarik kesimpulan. Dalam peneltian ini, dengan tujuan untuk mengetahui proses pengembangan, validitas dan praktikalitas bahan ajar handout berbasis STEM pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP? Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa: 1) Bentuk pengembangan bahan ajar handout berbasis STEM pada pembelajaran IPA kelas VII SMP dengan pengembangan pada aspek materi berupa kesesuaian materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan materi pada bahan ajar yang telah dikembangkan sebagaimana yang terdapat pada bahan ajar yang dilampirkan; 2) Validitas media ditinjau dari dua aspek yakni substansi dan konstruksi. Penilaian validitas yang ditinjau dari aspek substansi diperoleh informasi bahwa setelah direvisi (pada penilaian ketiga) secara keseluruhan aspek mendapatkan kriteria Sangat Valid dengan persentase 96,29%. Maka, dengan demikian media handout berbasis STEM telah layak digunakan pada proses pembelajaran IPA pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII; 3) berdasarkan hasil penilaian siswa dan guru terhadap kepraktisan media Handout berbasis STEM diperoleh: a) skor untuk penilaian kepraktisan media oleh guru IPA kelas VII terkategori Sangat Praktis yakni sebesar 94,44%, serta b) skor untuk penilaian kepraktisan media oleh Siswa kelas VII sebanyak 13 orang terkategori Praktis yakni sebesar 73,64%. Dengan demikian media Handout berbasis STEM pada pembelajaran IPA kelas VII yang dikembangkan dinyatakan praktis dalam penggunaannya.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis