ENGLISH LECTURERS’ DECISION MAKING IN DEVELOPING SYLLABI AND SELECTING LEARNING MATERIALS : A STUDY AT ENGLISH DEPARTMENT, STATE ISLAMIC INSTITUTE OF KERINCI

Submitted by admin on Thu, 01/25/2024 - 10:13
Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengambilan keputusan dosen bahasa inggris, di Tadris Bahasa Inggris, Institut Agama Islam Negeri Kerinci. dalam mengembangakan silabus dan memilih materi pembelajaran, terkhusus mata kuliah ketrampilan bahasa inggris, di anataranya membaca, berbicara, menulis dan mendengar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara, dimana peneliti mewawancarai empat orang informan, informan ini di pilih berdasarkan batasan penelitian yaitu dosen yang mengajarkan mata kuliah ketrampilan bahasa inggris, selain wawancara peneliti juga menggunakan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data, data dokumentasi dalam penelitian ini yaitu berupa silabus dan materi pembelajaran yang di dapatkan dari dosen yang di wawancarai sebelumnya sebagai informan penelitian. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimanakah seorang dosen bahasa inggris mengembangkan silabus dan memilih materi pembelajaran ?, 2. Apa pertimbangan bagi seorang dosen bahasa inggris dalam mengembangkan silabus dan materi pembelajaran?, 3. Apa tantangan yang di hadapi dosen bahasa inggris dalam mengembangkan silabus dan memeilih materi pembelajaran?. Ada beberapa cara peneliti menganalisis data yaitu mulai dari pengumpulan data, seterusnya merekduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari analisis data peneliti menemukan bahwa seorang dosen mengambil keputusan saat mengembangkan silabus berdasarkan kebutuhan siswa, mempertimbangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, perubahan kurikulum, fleksibel dan kontekstual. Dan untuk pengambilan keputusan saat memilih materi pembelajaran seorang dosen bahasa inggris akan memperhatikan kebutuhan siswa, memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta keurutan materi pembelajaran tersebut.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi