STUDENTS’ STRATEGIES IN IMPROVING THEIR PRONUNCIATION (A Study at the Fourth Semester of English Departement of IAIN Kerinci Academic Year 2021/2022)

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 11:42
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui students’ strategies in improving their pronunciation. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 prodi bahasa inggiris fakultas tarbiyah IAIN Kerinci tahun ajaran 2021/2022. informan ditentukan dengan teknik purposif dimana informan diambil sesuai kriteria tertentu, adapun kriteria yang digunakan adalah 5 mahasiswa dengan IPK tinggi, 5 mahasiswa dengan IPK sedang dan 5 mahasiswa dengan IPK rendah. data dikumpulkan dengan teknik wawancara terstruktur, dan data yang diperoleh selanjutnya dianalisa secara deskriptif dengan teknik model analisis interaktif miles and huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Berdasarkan hasil penelitian dengan pendekatan teori Chalka, menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh mahasiswa semester IV program studi bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan pengucapannya adalah dengan menggunakan strategi langsung yang meliputi upaya mengingat bunyi pengucapan kata, meningkatkan Keterampilan pengucapan bahasa Inggris dengan memanfaatkan media YouTube. dan media MP3, baik dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Indonesia, kemudian juga kompensasi yang merupakan upaya menyamakan pengucapan dengan penutur asli. Selanjutnya untuk strategi tidak langsung, yang dilakukan siswa adalah meningkatkan pengetahuan mereka tentang fonetik dan pengucapan, melakukan tes kemampuan pengucapan bahasa Inggris dan mencoba yang terbaik untuk mengatasi kecemasan dalam berlatih percakapan bahasa Inggris, dan hal terakhir yang dilakukan siswa adalah meminta seseorang untuk mengoreksi pengucapan mereka sehingga mereka tahu kalimat mana yang salah dan tahu pengucapan yang benar
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis