Dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di sekolah, tentu saja salah satu tujuannya adalah supaya peserta didik dapat berbicara dalam menggunakan bahasa Arab. Hal ini tidak lepas dari penguasaan kosakata yang dimiliki siswa. Ada siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mana tidak mendapatkan pelajaran bahasa Arab, sedangkan yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) ataupun Pondok Pesantren yang sudah mengenal pelajaran bahasa Arab sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penguasaan kosakata yang dimiliki siswa kelas X dan juga permasalahan yang dihadapi siswa saat belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan penelitian lapangan. Lokasi yang diteliti adalah Madrasah Aliyah Kayu Aro, Dengan subjek penelitian siswa Kelas X. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Reduksi data 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian tentang Analisis Penguasaan Kosakata Dengan Tes Pilihan Ganda : Didapatkan bahwa penguasaan kosakata peserta didik kelas X bisa di bilang rendah dengan persentase 2 (10%) siswa yang berada pada kategori sangat rendah dengan persentase nilai penguasaan kosakata 0% - 20%, 10 (50%) siswa yang berada pada kategori rendah dengan persentase nilai penguasaan kosakata 20% - 40%, 3 (15%) siswa yang berada pada kategori sedang dengan persentase nilai penguasaan kosataka 40% - 60%, 3 (15%) siswa yang berada pada kategori tinggi dengan persentase nilai penguasaan kosakata 60% - 80%, dan 2 (10%) siswa yang berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase nilai penguasaan kosakata 80% - 100%.