Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan frayer model terhadap penguasaan kosakata siswa kelas delapan MTsN 7 Kerinci. Model penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas delapan MTsN 7 Kerinci, yang berjumlah 75 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data analisis yang digunakan adalah uji-t. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan frayer model terhadap penguasaan kosakata siswa di MTsN 7 Kerinci. Hal ini dapat dibuktikan dari pengujian hipotesis dengan nilai tengah dari kelas kontrol yaitu 60 dan standar deviasinya adalah 102. Sedangkan untuk kelas eksperimen adalah 67,8 dan standar deviasinya adalah 118,16. Setelah melakukan uji-t, peneliti menemukan bahwa thitung = 3,2 > ttabel = 1,68. Temuan ini menunjukkan bahwa kosakata siswa yang telah diajarkan dengan menggunakan frayer model memiliki dampak yang positif dan peningkatan yang signifikan.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
THESIS REFNA.pdf4.95 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.