Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang berdampak terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Berhasil tidaknya mencapai tujuan pembelajaran banyak bergantung selama proses pembelajaran. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kerinci pada Januari 2023. Jenis Penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan kuantitatif (Mix method). Desain penelitian ini adalah dengan menggunakan Data kualitatif diperoleh dari wawancara sedangkan data kuantitatif diperoleh dari kuesioner dan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design yaitu membandingkan keadaan sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan.Subyek penelitian ini siswa kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 6 Kerinci dengan jumlah 64 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah implementasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Instagram lebih baik dibandingkan sebelum penerapannya. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah implementasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Instagram lebih baik dibandingkan sebelum penerapannya. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Instagram dalam proses pembelajaran Biologi. Siswa diharapkan lebih banyak membaca dan mencari berbagai informasi serta penelitian ini hanya dilakukan pada materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya, diharapkan adanya penelitian lanjutan.