Penelitian ini membahas tentang Analisis metode pemberian tugas pembuatan mind mapping pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Kerinci. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui metode pemberian tugas pembuatan mind mapping pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kondisi aktual pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Kerinci yaitu Proses pembelajaran PAI dilakukan 3 jam setiap minggu dengan hari yang berbeda pada tiap kelas,Siswa menyukai pembelajaran PAI dikarenakan adanya metode pemberian tugas pembuatan mind mapping yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Tahapan pelaksanaan metode pemberian tugas pembuatan Mind Mapping pada mata pelajaran PAI SMK Negeri 2 kerinci yaitu guru mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, guru mengungkapkan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik, Membentuk kelompok atau individu,tiap kelompok menginventarisasi atau mencatat jawaban hasil diskusi, Tiap kelompok (diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya, Peserta didik membuat peta pikiran berdasarkan alternatif jawaban yang telah di diskusikan, Beberapa peserta didik diberi kesempatan untuk menjelaskan ide pemetaan konsep berpikirnya, Peserta didik diminta membuat kesimpuan dan guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan. Hasil analisis tugas pembuatan mind mapping di SMK Negeri 2 Kerinci yaitu metode pemberian tugas mind mapping ini merupakan salah satu solusi yang diterapkan guru PAI dalam mengatasi kebosanan dan kejenuhan belajar siswa. Proses pembelajaran PAI dilakukan 3 jam pelajaran dalam satu minggu di hari yang berbeda pada tiap kelasnya.