PERSEPSI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DITENGAH PANDEMI COVID-19

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 09:18
Deskripsi/Abstract
Pada saat pandemi covid-19 pembelajaran harus tetap berjalan apalagi untuk perguruan tinggi, oleh karena nya para dosen diharuskan melakukan pembelajaran dengan pilihan alternatif yang disediakan oleh berbagai platform. Salah satunya edmodo, merupakan aplikasi yang membantu proses pembelajaran e-learning. Pada saat melakukan pembelajaran, banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal yang paling penting yaitu proses pelaksanaannya, persepsi mahasiswa sebagai pengguna aplikasi ini perlu diperhatikan agar dapat mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan ketika melakukan pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada saat pandemi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Dengan cara memberikan angket kepada mahasiswa tentang persepsi pembelajaran e-learning berbasis edmodo, angket ini berisi 36 pertanyaan yang bisa dipilih sesuai yang dirasakan oleh mahasiswa. Sedangkan untuk persiapan pembelajaran nya dilakukan wawancara kepada dosen yang menggunakan edmodo sebagai media pembelajaran, pada penelitian ini dosen mata kuliah evolusi yang dijadikan sebagai narasumber tentang langkah-langkah nya. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu sekitar 70,45% dengan kategori "Baik". Hasil ini didapatkan dari rata-rata tiga indikator pertanyaan/pertanyaan. Indikator yang pertama tentang aspek pengukuran dan prestasi akademik mendapatkan rata-rata 73,64%, sedangkan indikator kedua tentang aspek komunikasi dan interaksi mendapatkan hasil 68,56%, dan indikator yang terakhir tentang aspek mengakses informasi mendapatkan hasil 68,68%. Sedangkan untuk proses pembelajaran e-learning sendiri hal yang dipersiapkan oleh dosen yaitu bahan ajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning berbasis edmodo yaitu dalam kategori yang baik. Ini berarti pembelajaran e-learning bisa dilakukan di kemudian hari untuk mengembangkan proses pembelajaran agar bisa berdampingan dengan pembelajaran tatap muka atau konvensional. Langkah-langkah pembelajaran sendiri diawali dengan mempersiapkan bahan ajar yang akan dibahas pada pertemuan yang dilakukan dengan media edmodo, dan perangkat yang digunakan dalam pembelajaran yaitu smartphone atau tablet PC.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis