Deskripsi/Abstract
Pada saat pandemi covid-19 pembelajaran harus tetap berjalan apalagi untuk
perguruan tinggi, oleh karena nya para dosen diharuskan melakukan pembelajaran
dengan pilihan alternatif yang disediakan oleh berbagai platform. Salah satunya
edmodo, merupakan aplikasi yang membantu proses pembelajaran e-learning.
Pada saat melakukan pembelajaran, banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal yang
paling penting yaitu proses pelaksanaannya, persepsi mahasiswa sebagai
pengguna aplikasi ini perlu diperhatikan agar dapat mengetahui apa saja
kekurangan dan kelebihan ketika melakukan pembelajaran e-learning berbasis
edmodo pada saat pandemi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Dengan cara
memberikan angket kepada mahasiswa tentang persepsi pembelajaran e-learning
berbasis edmodo, angket ini berisi 36 pertanyaan yang bisa dipilih sesuai yang
dirasakan oleh mahasiswa. Sedangkan untuk persiapan pembelajaran nya
dilakukan wawancara kepada dosen yang menggunakan edmodo sebagai media
pembelajaran, pada penelitian ini dosen mata kuliah evolusi yang dijadikan
sebagai narasumber tentang langkah-langkah nya.
Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu sekitar 70,45% dengan
kategori "Baik". Hasil ini didapatkan dari rata-rata tiga indikator
pertanyaan/pertanyaan. Indikator yang pertama tentang aspek pengukuran dan
prestasi akademik mendapatkan rata-rata 73,64%, sedangkan indikator kedua
tentang aspek komunikasi dan interaksi mendapatkan hasil 68,56%, dan indikator
yang terakhir tentang aspek mengakses informasi mendapatkan hasil 68,68%.
Sedangkan untuk proses pembelajaran e-learning sendiri hal yang dipersiapkan
oleh dosen yaitu bahan ajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap
pembelajaran e-learning berbasis edmodo yaitu dalam kategori yang baik. Ini
berarti pembelajaran e-learning bisa dilakukan di kemudian hari untuk
mengembangkan proses pembelajaran agar bisa berdampingan dengan
pembelajaran tatap muka atau konvensional. Langkah-langkah pembelajaran
sendiri diawali dengan mempersiapkan bahan ajar yang akan dibahas pada
pertemuan yang dilakukan dengan media edmodo, dan perangkat yang digunakan
dalam pembelajaran yaitu smartphone atau tablet PC.
Koleksi
Subject
Files
pembelajaran daring edmodo rev 12.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.