Deskripsi/Abstract
Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia telah mempengaruhi berbagai
sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan. Pembelajaran yang pada awalnya
tatap muka harus dilaksanakan secara online, sebagai bentuk kebijakan mengurangi
korban pandemi. Whatsapp merupakan salah satu media komunikasi yang banyak
digunakan dalam mendukung pembelajaran online. Tujuan penelitianini adalah
untuk mengetahui bagaimana tingkat dan faktor kesulitan siswa dalam menjawab
soal biologi dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 4 SungaiPenuh. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatandeskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sungai Penuh sedangkan
sampelnya yaitu kelas XI Mia 2 yang terdiri dari 32 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal uraian (essay) dan angket dalam
bentuk skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 3 indikator, memahami soal
merupakan faktor kesulitan paling dominan bagi siswa dengan persentase 90,62%.
Diikuti dengan kesulitan konsep (68,75%) dan kesulitan peninjauan kembali
(53,12%). Kesulitan siswa didominasi oleh minat sebagai faktor internal dan
metode guru mengajar sebagai faktor eksternal.
Koleksi
Subject
Files
nela elvia watermark.pdf4.42 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.