TINGKAT KESULITAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 4 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 02/05/2024 - 10:07
Deskripsi/Abstract
Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia telah mempengaruhi berbagai sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan. Pembelajaran yang pada awalnya tatap muka harus dilaksanakan secara online, sebagai bentuk kebijakan mengurangi korban pandemi. Whatsapp merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan dalam mendukung pembelajaran online. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat dan faktor kesulitan siswa dalam menjawab soal biologi dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 4 SungaiPenuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatandeskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sungai Penuh sedangkan sampelnya yaitu kelas XI Mia 2 yang terdiri dari 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal uraian (essay) dan angket dalam bentuk skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 3 indikator, memahami soal merupakan faktor kesulitan paling dominan bagi siswa dengan persentase 90,62%. Diikuti dengan kesulitan konsep (68,75%) dan kesulitan peninjauan kembali (53,12%). Kesulitan siswa didominasi oleh minat sebagai faktor internal dan metode guru mengajar sebagai faktor eksternal.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis