Deskripsi/Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 7 Kerinci Tahun Pelajaran 2021/2022, diperoleh informasi bahwa
hasil belajar biologi masih rendah dan nilai rata-rata siswa masih di bawah nilai
kriteria ketuntasan minimal (KKM), hal ini disebabkan oleh berbagai faktor,
diantaranya siswa yang cendrung diam dan kurang aktif, siswa beranggapan
bahwa kelas sebagai tempat yang membosankan, kurangnya minat belajar dan
konsentrasi siswa saat proses belajar mengajar, serta kurangnya perhatian guru
terhadap gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Dari permasalahan diatas peneliti
mencoba menerapkan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik),
dengan harapan model pembelajaran tersebut dapat menyelesaikan permasalah
diatas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran
VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) dapat meningkatkah hasil belajar biologi
siswa kelas VIII SMP Negeri 7 kerinci. Selain untuk meningkatkan hasil belajar
biologi penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa, serta
meningkatkan minat belajar siswa.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif
dengan metode penelitain yang digunakan quasi eksperimen. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah Control Group Post Test-Only Design, yang
mana terdapat dua kelas yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10
perempuan dan 10 laki-laki.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa penerapan
model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) mampu meningkatkan
hasil belajar siswa nilai rata-rata kelas yang menerapakan model pembelajaran
VAK adalah 75,4 sedang kan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran
VAK 60,5.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.