Kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah menengah atas (sma) Negeri 3 sungai penuh

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 09:58
Deskripsi/Abstract
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran agama Islam sangat ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan. Namun, dalam mewujudkan keberhasilan tersebut timbul permasalahan yaitu guru masih monoton dalam penggunaan media pembelajaran. sebagian besar siswa kurang perhatian pada saat proses pelajaran berlangsung, siswa terlihat bosan dan kurang semanagat dalam proses pembelajaran hal ini terindentifikasi dengan rasa kuarang ketertarikan sisiwa untuk menjawab pertanyaan dari guru. Selanjutanya peneliti juga melihat siswa sering ribut dan mengobrol pada saat proses pembelajaran terjadi dan juga berdasarkan observasi awal kurang mau terlibat seperti dalam proses pengerjaan tugas dan itu terjadi adanya guru mengajar yang tidak sesaui jurusannya dan itu terpenegruh terhadap kopetensi pedagogik guru tersebut dalam memanfaatkan media belajar sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAN 3 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunkan penelitian kualititaf. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara ,dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik analisa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sampel penelitian berjumlah 12 orang yang terdiri dari 1 wakil kepala sekolah, 3 guru PAI dan 8 orang siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa di SMAN 3 Sungai Penuh dan bagaimanan kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAN 3 Sungai Penuh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa di SMAN 3 Sungai Penuh berada dalam katgi 46 % artinya cukup baik. dalam meningkatkan minat belajar siswa faktor yang mempengaruhinya adalah kompetensi pedagogik guru dimana guru harus dapat membaca atau memahami karakteristik peserta didiknya.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi