Peran pembelajaran pendidikan agama islam terhadap budaya akademik siswa di pondok pesantren Nurul haq semurup

Submitted by admin on Wed, 12/27/2023 - 14:48
Deskripsi/Abstract

Budaya akademik dipandang sangat penting. Dengan berbagai sarana dan prasarana yang disediakan, segenap civitas akademika didorong untuk aktif, inovatif dan peka terhadap pengembangan kegiatan di pondok pesantren. Setiap civitas akademika diharapkan mampu untuk menjalankan tanggungjawab akademik maupun tanggungjawab sosial terkait dengan keilmuannya. Hal tersebut guna mendorong penerapan teori-teori bidang keilmuan masing-masing yang dipelajari agar bermanfaat bagi masyarakat secara menyeluruh, peran dari akademik yang diberikan pihak Pondok Pesantren Nurul Haq senantiasa berusaha untuk menanamkan akhlak mulia serta budi pekerti yang baik pada siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Kenyataannya tidak jarang siswa dalam mengikuti mata pelajaran tersebut masih terbatas pada formalitas, sehingga sekolah mampu menginternalisasi di dalam diri peserta didik. Metodologi Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Lokasi PenelitianPondok Pesantren Nurul Haq Semurup. Objek dan Subjek Penelitian. jenis data, data primer sumber data sekunder informan penelitian. tehnik pengumpulan data. observasi, wawancara dokumentasi. instrumen penelitian. alat perekam alat tulis. uji keabsahan data dan tehnik analisis data Hasil penelitian Pelaksanaan pendidikan agama Islam Pondok Pesantren Nurul Haq sebagai berikut: 1). Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Nurul Haq berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran dimulai, guru selalu melakukan pretest guna mengingatkan kembali materi yang sudah diajarkan sesuai dengan RPP yang telah dibuat terlebih dahulu.2). Evaluasi pembelajaran, dalam hal ini guru selalu melakukan evaluasi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar dan standar kompetensi. Budaya akademik Pondok Pesantren Nurul Haq. 1) Kegiatan belajar mengajar dan Penerapan Tata Tertib di Pondok Pesantren Nurul Haq Semurup.. 2) Pelaksanaan Progam Rutinan, 3) Mengaji Pagi Kegiatan mengaji pagi menjadi aktivitas Rutinan harian. 2) Kegiatan Hari Besar Agama Islam., 3) Program Belajar Membaca Al Qur’an Kegiatan membaca al-Qur’an di Pondok pesantren Nurul Haq Semurup. 4) Tazkir Pegajian Kegiatan ini dilaksanakan sebagai suatu bentuk silaturahim dan komunikasi antar peserta didik Pondok pesantren Nurul Haq Upaya Guru PAI meningkatkan Budaya akademik di yang dilakukan pada adalah dengan cara mengajarkan ilmu kepada siswa kemudian siswa juga mempraktekkan hasil dari ilmu yang telah diajarkan tersebut.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis