Penelitian ini membahas tentang Optimalisasi Program Learning Society Dalam Mewujudkan Civil Society Di Nagari Sungai Pinang Tapan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi Wali Nagari dalam menanamkan pentingnya progam Learning Society pada masyarakat di Nagari Sungai Pinang Tapan. 2) Bagaimana bentuk kegiatan Learning Society di Nagari Sungai Pinang Tapan. 3) Bagaimana partisipasi masyarakat terhadap program Learning Society di Nagari Sungai Pinang Tapan dalam mewujudkan Civil Society yang inklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dekomentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penerikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian ini adalah : 1) Strategi Wali Nagari dalam menanamkan pentingnya progam learning society pada masyarakat di Nagari Sungai Pinang Tapan, agar masyarakat turut ikutserta dalam pelaksanaan program-program yang ada. 2) Bentuk kegiatan learning society di Nagari Sungai Pinang Tapan, yang digerakkan oleh Wali Nagari berbasis pendidikan yaitu meliputi: Majelis Ta‟lim, TPA, PAUD Bunda, dan Yasinan. 3) Partisipasi masyarakat terhadap program learning society di Nagari Sungai Pinang Tapan dalam mewujudkan civil society yang inklusif, dalam pelaksanaan kegiatan tentu partisipasi masyarakat sangat berpengaruh dalam memajukan program Nagari untuk kepentingan nagari dan juga masyarakat setempat.