PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS MADRASAH DI MTsN KAB. KERINCI

Submitted by saaduddin on Wed, 06/14/2023 - 23:04
Deskripsi/Abstract
Mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan dibidang pendidikan nasional dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia secara menyeluruh Dalam rangka mewujudkan fungsi idealnya itu madrasah harus senantiasa mengorientasikan diri agar tetap survice dan mampu tampil bermakna, di tengah tuntutan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dan penghayatan nilai-nilai agama. Dalam kenyataannya upaya pemerintah tersebut belum cukup berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan. The Character : Journal Of General and Character Education Vol 2 No.1 2023 12Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi dasar untuk peningkatan mutu MTsN di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif naturalistik dengan subjek ditentukan secara snow ball sampling Tahapan-tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) wawancara, (2) Observasi dan (3) dokumentasi. Dalam analisis data penelitian ini penelitian menggunakan pendekatan atau model Balanced Scorecard (BSC). Hasil penelitian secara konseptual dapat dikemukakan beberapa strategi peningkatan mutu berbasis madrasah di kabupaten Kerinci, khususnya untuk MTsN Semerah, MTsN Pendung Tengah Penawar, dan MTsN Seleman. Strategi dasar peningkatan mutu secara berkesinambungan yaitu peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan mutu layanan administrasi madrasah, peningkatan, mutu sarana dan prasarana madrasah termasuk sumber-sumber belajar.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis