Rendahnya penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran Biologi di SMP Negeri 7 Kerinci disebabkan oleh berbagai faktor salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode tradisional seperti ceramah, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru yang dapat mengakibatkan aktivitas belajar peserta didik kurang efektif atau cenderung pasif. Salah satu upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep pada Pembelajaran Biologi adalah melalui model POGIL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam pembelajaran biologi kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan penguasaan konsep peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci pada Materi pokok sistem gerak manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Method dan desain penelitian adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci yang berjumlah 4 kelas. Teknik Penentuan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling, maka kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII C SMP Negeri 7 Kerinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatnya penguasaan konsep peserta didik menggunakan model POGIL diketahui berdasarkan hasil Pretest dan Posttest. Hasil nilai Pretest sebelum menggunakan model POGIL yaitu dengan rata-rata 59,13 sedangkan hasil nilai Posttest setelah menggunakan model POGIL yaitu dengan rata-rata 87,53. Berdasarkan hasil tersebut dapat membuktikan bahwa meningkatnya penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem gerak manusia yang menggunakan model POGIL, deangan melalui nilai rata-rata N-gain yang dinormalisasi untuk kelas VIII C dinyatakan meningkat, hasil rata-rata N-gain yang dinormalisasi yaitu 0,69 (Sedang).