Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilakukan karena nilai hasil belajar PAI siswa memiliki
nilai rata-rata yang tergolong tuntas dengan rata-rata nilai KKM siswa adalah
80,00. Namun berbeda dengan sikap siswa terkait dengan nilai Pendidikan
Agama Islam (PAI). Sebagian siswa kurang rajin dalam melaksanakan ibadah
sehari-hari seperti shalat, membaca Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Hubungan Religiusitas dengan Hasil Belajar PAI Siswa di SMA
Negeri 4 Kerinci. Rumusan masalahnya adalah bagaimana gambaran tingkat
religiusitas siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kerinci?. 2). Bagaimana hasil
belajar PAI siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci?. 3). Bagaimana korelasi
antara religiusitas dengan hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 4
Kerinci?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif penelitian
korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci yang berjumlah 48 orang
siswa, sampel menggunakan purposive sampling maka terpilih kelas XI IPS
berjumlah 24 orang siswa yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Teknik pengumpulamn data menggunakan angket. Teknik analisis data
menggunakan uji korelasi. Hasil Penelitian religiusitas siswa di SMA Negeri
4 Kerinci bahwa tingkat religiusitas secara umum berada pada ketegori tinggi
dengan persentase 83%. Hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 4 Kerinci diketahui bahwa dari 24 siswa semuanya tuntas dengan nilai
rata-rata dengan nilai rata-rata 80,00 dengan kategori tuntas hasil tersebut
adalah merupakan nilai dari hasil ujian. Nilai koefisien korelasi signifikansi
(Correlation Coefficient) 0,446. Hal ini menunjukkan hasil uji korelasi
didapatkan p = 0,003 > 0,05 level of significant (α), artinya hipotesis diterima
artinya bahwa terdapat hubungan antara religiusitas dengan hasil belajar PAI
siswa di SMA Negeri 4 Kerinci. Besarnya sumbangan koefisien determinan
karakter religiusitas terhadap hasil belajar PAI siswa adalah sebesar 19,53%,
sedangkan sisanya sebesar 80,47% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain
yang dapat mempengaruhi hasil belajar PAI siswa meliputi: 1). Faktor
Motivasi: 2). Metode Pembelajaran: 3). Dukungan Keluarga: 4). Faktor
Lingkungan Sekolah: 5). Kemampuan Mengelola Waktu: 6). Kualitas Guru.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI MAIRI SUSANTI.pdf2.05 MB
file ttd mairi.pdf1.81 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.