HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMA NEGERI 4 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:16
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilakukan karena nilai hasil belajar PAI siswa memiliki nilai rata-rata yang tergolong tuntas dengan rata-rata nilai KKM siswa adalah 80,00. Namun berbeda dengan sikap siswa terkait dengan nilai Pendidikan Agama Islam (PAI). Sebagian siswa kurang rajin dalam melaksanakan ibadah sehari-hari seperti shalat, membaca Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Religiusitas dengan Hasil Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 4 Kerinci. Rumusan masalahnya adalah bagaimana gambaran tingkat religiusitas siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kerinci?. 2). Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci?. 3). Bagaimana korelasi antara religiusitas dengan hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kerinci?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci yang berjumlah 48 orang siswa, sampel menggunakan purposive sampling maka terpilih kelas XI IPS berjumlah 24 orang siswa yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulamn data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi. Hasil Penelitian religiusitas siswa di SMA Negeri 4 Kerinci bahwa tingkat religiusitas secara umum berada pada ketegori tinggi dengan persentase 83%. Hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kerinci diketahui bahwa dari 24 siswa semuanya tuntas dengan nilai rata-rata dengan nilai rata-rata 80,00 dengan kategori tuntas hasil tersebut adalah merupakan nilai dari hasil ujian. Nilai koefisien korelasi signifikansi (Correlation Coefficient) 0,446. Hal ini menunjukkan hasil uji korelasi didapatkan p = 0,003 > 0,05 level of significant (α), artinya hipotesis diterima artinya bahwa terdapat hubungan antara religiusitas dengan hasil belajar PAI siswa di SMA Negeri 4 Kerinci. Besarnya sumbangan koefisien determinan karakter religiusitas terhadap hasil belajar PAI siswa adalah sebesar 19,53%, sedangkan sisanya sebesar 80,47% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar PAI siswa meliputi: 1). Faktor Motivasi: 2). Metode Pembelajaran: 3). Dukungan Keluarga: 4). Faktor Lingkungan Sekolah: 5). Kemampuan Mengelola Waktu: 6). Kualitas Guru.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis