PENGARUH SIKAP BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA (MTsS) TANAH KAMPUNG

Submitted by admin on Wed, 01/31/2024 - 11:07
Deskripsi/Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih madrasah tsanawiyah swasta (MTsS) tanah kampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mengunakan korelasi Product Moment Dan koefisien Determinasi Sangat rendahnya pengaruh antara sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih madrasah tsanawiyah swasta (MTsS) tanah kampung dapat dilihat dari Setelah dilakukan perhitungan secara keseluruhan, maka hasil yang didapat antara variabel X (sikap belajar) dan variabel Y (prestasi belajar Fiqih) diperoleh angka Dari data diatas besar hubungan antara didapat antara variabel X (sikap belajar) dan variabel Y (prestasi belajar siswa) diperoleh angka “r” product moment sebesar (0,87). Selanjutnya setelah melakukan perhitungan, langkah berikutnya adalah memberikan interprestasi data sederhana dengan menggunakan tabel nilai “r” Df = N-nr = 35-2 = 33 Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata df sebesar 33. Pada taraf signifikansi 5% rtabel = 0,344 sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel 0,442. Maka hasil yang didapat rhitung lebih kecil dari rtabel baik pada taraf signifikansi 5% (0,87< 0,344) ataupun 1% (0,87 < 0,442). Oleh karena itu, pengujian hipotesis ini menerima Ho dan menolak Ha sehingga dapat dikatakan bahwa sikap belajar dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang sangat rendah. Selanjutnya Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel sikap belajar (X) dengan prestasi belajar (Y) dinyatakan dalam bentuk presentase maka di hitung dengan koefisien determine dengan rumus sebagai berikut: KD = rxy2 x 100% = (0.87)2 x 100% = 0.75 x 100% = 7,5 (dibulatkan menjadi 8%) Dari hasil perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 8%. Hal ini mengandung pengertian bahwa sikap belajar berkontribusi dan ikut menentukan hasil dari prestasi belajar siswa sebesar 8%, dan selebihnya yang 92% dipengaruhi oleh faktor lain.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://pa-barru.go.id/kasus/ https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor

Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi